Penerapan Web Service Dalam Perancangan Sistem Informasi Geografis Tempat Pembuangan Sampah Sementara Kota Sambas

Eri Bayu Pratama, Panny Agustia Rahayuningsih, Asmu’I Nurfi’i

Abstract


Mekanisme tradisional masih digunakan oleh Dinas Perkim LH untuk memberikan informasi tentang lokasi TPS legal. Selain itu, peta yang dicetak pada kertas biasa sulit diakses oleh masyarakat dan wisatawan, membuat metode ini tidak efektif dan tidak efisien karena memakan waktu yang lama untuk menemukan tempat pembuangan sampah yang sah di Sambas. Hal ini membuat Dinas Perkim LH kesulitan menemukan semua TPS legal di Sambas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat sistem informasi lokasi pembuangan sampah legal di kota Sambas yang dapat diakses secara online oleh dinas permukiman dan lingkungan hidup kabupaten Sambas dan membantu mengurangi masalah yang muncul selama proses pembuangan sampah legal. Oleh karena itu, penelitian ini dapat memberikan gambaran umum dan rencana awal untuk membangun sistem informasi yang berbasis web untuk menangani pembuangan sampah yang sah. Penulis menggunakan metode deskriptif dalam penelitian ini, dan untuk mengembangkan perangkat lunak ini, penulis menggunakan metode prototype. Model prototype dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah teknis yang tidak dipahami pelanggan dan untuk menjelaskan spesifikasi yang diinginkan pelanggan untuk pengembang perangkat lunak. Salah satu sistem informasi yang penulis gunakan dalam perancangan ini adalah sebagai berikut: operator manajemen, petugas pengangkut sampah dan pengawas TPA. Aplikasi Web service ini memberikan solusi kepada masyarakat untuk dapat memudahkan dalam pencarian lokasi tempat pembuangan sampah yang resmi. Dan dengan menggunakan metode prototype memudahkan peneliti dalam menyusun tahapan rancangan aplikasi sehingga memenuhi kebutuhan pengguna baik dari sisi backend dan frontend.


Keywords


Model Prototype; Sistem Informasi; Tempat Pembuangan Sampah

Full Text:

PDF

References


D. Maulana and A. Nugraha, "Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Bengkel Mobil Berbasis Web Menggunakan Metode Object Oriented Programming," Jurnal Informatika Mulawarman, vol. 15, no. 1, pp. 26-33, 2020

Pratama, O. R., & Nita, S. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Geografis (SIG) pada Daerah Bencana Kabupaten Madiun Berbasis WebGis. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(1), 46.

Sasoeng, A. A., Sentinuwo, S. R., & Rindengan, Y. D. Y. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Geografis Potensi Sumber Daya Alam Di Kabupaten Talaud Berbasis Web. Jurnal Teknik Informatika, 13(1), 1–8.

Nugraha, W., & Syarif, M. (2018). Penerapan Metode Prototype Dalam Perancangan Sistem Informasi Penghitungan Volume Dan Cost Penjualan Minuman Berbasis Website. JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas), 3(2), 94–101.

Firmansyah, Y., Purwaningtias, D., & Pratiwi, L. (2019). Prototype Sistem Informasi Pengolahan Dana Bos (Sip Bos) Berbasis Web Studi Kasus Sma N 1 Sekayam Kabupaten Sanggau. I N F O R M a T I K A.

M. Y. Simanjuntak, A. P. Windarto, and M. R. Lubis, "Perancangan Aplikasi Pemesanan Menu Makanan Berbasis Web Dengan Metode Object Oriented Programming," Jurnal Informatika Universitas Pamulang, vol. 6, no. 2, pp. 247-253, 2021.

. S. Indriyani and A. Nugroho, "Perancangan Sistem Informasi Penjualan Furniture Berbasis Web Dengan Metode Object Oriented Programming," Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, vol. 10, no. 1, pp. 1-10, 2022.

. R. Hamdani and E. Padmini, "Perancangan Sistem Informasi Penjualan Barang Berbasis Web Dengan Metode Object Oriented Programming," Jurnal Informatika Universitas Pamulang, vol. 6, no. 1, pp. 12-19, 2021

A. R. Pratama, D. Saputra, and R. Ningsih, "Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Menggunakan Metode Object Oriented Programming," Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 4, no. 2, pp. 201-208, 2020.

R. R. Rosyida and N. Fariza, "Perancangan Sistem Informasi Penjualan Furniture Berbasis Web Menggunakan Metode Object Oriented Programming," Jurnal Teknik Informatika, vol. 14, no. 2, pp. 145-156, 2021.




DOI: https://doi.org/10.36294/jurti.v8i1.4104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 (JurTI) Jurnal Teknologi Informasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JurTI (Jurnal Teknologi Informasi) terindex :

 

JurrTI (Jurnal Teknologi Informasi)

Program Studi Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Asahan.

Jl. Jend. Ahmad Yani, Kisaran – 21224  – Sumatera Utara

Telp/WA : 082370952109 - 081268777854

E-Mail : jurtischolar@gmail.com

JurTI (Jurnal Teknologi Informasi) s licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License