Aplikasi Transaksi Bisnis Berbasis Website Pada Cello Laundry Kota Bekasi

Taufiqqurrachman Taufiqqurrachman, Muhammad Dhafa Ramadhan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan sebuah aplikasi untuk membantu proses bisnis pada usaha laundry rumahan. Dan yang dijadikan sebagai tempat pengembangan aplikasi adalah Cello Laundry yang memang berada ditengah pemukiman warga. Pembuatan aplikasi transaksi laundry rumahan di Cello Laundry mengunakan metode waterfall yang tahapannya sebagai berikut tahapan analisis, desain, implementasi, pengujian, dan sampai pemeliharaan aplikasi. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan PHP sebagai bahasa pemrograman dan pengolahan database menggunakan MYSQL. Dengan menggunakan software XAMPP, aplikasi hanya dapat dijalankan di jaringan lokal dan hanya dapat diakses oleh pemilik serta karyawan Cello Laundry. Dengan adanya aplikasi transaksi ini, usaha laundry rumahan, seperti Cello laundry, dapat terbantu sehingga mempermudah pemilik usaha laundry dalam mengelola transaksi dan laporan keuangan laundry secara akurat serta meningkatkan pelayanan jasa di Cello Laundry.


Keywords


Aplikasi, Transaksi, Bisnis Rumahan

Full Text:

PDF

References


Ardhiansyah, Maulana, Shandi Noris dan Romi Andrianto. Jaringan Komputer. Pamulang: Unpam Press, 2020.

Arunawati, Anindya Putri. Optimasi Apache Web Sever Menggunakan Varnish Web Cache dan Reverse Proxy Nginx. Semarang: Universitas Negeri Semarang, 2020.

Azelan, Dedi. Sistem Informasi Laundry pada Diamond Laundry dengan Menggunakan Bahasa Pemrograman Visual Basic.NET dan Database MySQL. Batam: Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer GICI, 2017.

Hakim, Lukman. Prinsip-Prinsip Dasar Sistem Informasi Manajemen. Jambi: Timur Laut Aksara, 2019.

Hamidah. "Desain Sistem Informasi Penjualan Menggunakan PHP Pada CV. Berkat Bersama Dengan Metodologi Berorientasi Objek". Jurnal SISFOKOM (Maret 2013). Hlm. 17-24.

Hidayat, Putra. Cara Praktis Membangun Website Gratis. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2010.

Hikmah, Agung Baitul, Deddy Supriadi dan Tuti Alawiyah. Cara Cepat Membangun Website Dari Nol. Yogyakarta: CV Andi Offset, 2015.

Indriyani, fintri. et al. Analisa Perancangan Sistem Informasi. s.I: s.n, 2019.

Jiwandono, Andri. Analisa Perbandingan Kinerja Web Server Apache, Nginx, dan Litespeed Dengan Menggunakan Metode Stress Test. Pekanbaru: Universitas Islam Riau, 2021.

Jumardi, Rio. Website Statis Konsep dan Praktik HTML - CSS. Sidoharjo: Uwais Inspirasi Indonesia, 2019.

Khamdan, Rifa'i. Membangun Loyalitas Pelanggan. Jember: Pustaka Ilmu Yogyakarta, 2019.

Limbong, Tonni dan Sriadhi. Pemrograman Web Dasar. s.I: Yayasan Kita Menulis, 2021.

Malisa, Fitri. Web Programming (Client Side and Server Side). Yogyakarta: Deepublish, 2017.

Mufadhol. Networking dan Internet. Semarang: Semarang University Press, 2008.

Muslihudin, Muhammad dan Oktafianto. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi menggunakan model terstruktur dan UML. Yogyakarta: CV Andi OFFSET, 2015.

Nasirin, Ahmad. Sistem Management Dan Pemesanan Laundry Terintegrasi Whatsapp: Studi Kasus Ship Laundry. Semarang: Universitas Semarang, 2020.

Nasution, Nurrita Ratna Juwita. Penggunaan Website Tjokrosuharto Arts and Crafts Sebagai Komunikasi Pemasaran. Surakarta: Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta, 2011.

Ozon, Afdal. Sistem Informasi Administrasi Pengajuan Tugas Akhir Dan Skripsi di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Berbasis Web. Batusangkar: Institut Agama Islam Negeri Batusangkar, 2022.

Pangga, Juni Ary. Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Berbasis Web Pada Jasa Rumah “Cuci Doyaz Cleans” Pulang Pisau. Palangkaraya: Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Palangkaraya, 2022.

Pertiwi, Annisa Dian. Sistem Informasi Jasa Laundry Pada Laundry Denok Berbasis Web Menggunakan Metode System Development Life Cycle (SDLC). Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia, 2020.

Putri, Widya Dian, Elis Hernawati, Dedy Rahman Wijaya. "Aplikasi Laundry Berbasis Web Modul Admin Web Based Laundry Application Admin Module". Jurnal e-Proceeding of Applied Science (Agustus 2020), hlm. 1638-1652.

Ramadhani. Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Domain Tingkat Dua. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2014.

Risawandi. Mudah Menguasai PHP & MYSQL Dalam 24 Jam. Aceh: Unimal Press, 2019.

Suharni dan Harlina. "Rancangan Alur Halaman Website Penjualan Barang Menggunakan Struktur Navigasi", Jurnal Ilmiah Informatika Komputer (Juli 2020),

Setiawan, Muhammad Ari. Implementasi Sistem Manajemen dalam Pengolahan Data Laundry Berbasis Web (Studi Kasus Lira Laundry). Sidoarjo: Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 2018.

Supriyanto. Jaringan Dasar. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2013.

Warnilah, Ai Ilah dan Bambang Kelana Simpony. Jaringan Komputer Switch - Router - Cisco. Tasikmalaya: Universitas Bina Sarana Informatika, 2019.

Yuniarti, Listia. Analisis Strategi Bersaing pada UKM Laundry (Studi Kasus pada SuperWash Laundry Kota Semarang). Semarang: Universitas Diponegoro, 2017.




DOI: https://doi.org/10.36294/jurti.v7i2.3749

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 (JurTI) Jurnal Teknologi Informasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JurTI (Jurnal Teknologi Informasi) terindex :

 

JurrTI (Jurnal Teknologi Informasi)

Program Studi Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Asahan.

Jl. Jend. Ahmad Yani, Kisaran – 21224  – Sumatera Utara

Telp/WA : 082370952109 - 081268777854

E-Mail : jurtischolar@gmail.com

JurTI (Jurnal Teknologi Informasi) s licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License