Perancangan Sistem Informasi Pemilihan Ketua OSIS Menggunakan Code Igniter 4 Pada SMK Permata Harapan

Miftahul Ilmi, Robert Situmorang

Abstract


Perubahan kebiasaan manusia setelah melewati pandemic Covid 19 mulai terlihat dengan jelas, dimana semua pembiasaan teknologi dan digitalisasi yang terjadi dimasa Covid 19 sudah menjadi kebutuhan manusia. Banyak orang mulai faham pentingnya mengikuti perkembangan teknologi. SMK Permata Harapan merupakan bagian dari komponen yang merasa nyaman dengan digitalisasi dan membutuhkan sebuah sistem informasi digital yang mendukung banyak kegiatan pada sekolah ini, salah satunya adalah e voting yang dibutuhkan untuk melakukan pemilihan ketua OSIS. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah sistem informasi yang memenuhi kebutuhan tersebut dengan metode Research and Development yang berupa penelitian yang menghasilkan sebuah produk. Dalam pengembangan sistem Informasi ini digunakan model pengembangan waterfall dengan lima tahapan yang berurutannya dirasa mampu untuk merancang sistem informasi yang baik dan memiliki nilai guna yang tinggi. Model waterfall ini merupakan metode yang setiap langkahnya harus dilakukan berurut sesuai dengan urutannya dan tidak boleh jalan secara bersamaan. Sistem yang dirancang menggunakan CodeIgniter 4 dan basis data yang digunakan adalah MYSQL. Sistem informasi yang telah dirancang dan diimplementasikan berpotensi untuk digunakan oleh SMK Permata Harapan, sebab sistem yang dirancang telah sesuai dengan alur dan tujuan dari SMK Permata Harapan. Sistem yang dirancang juga memiliki potensi pengembangan yang baik kedepannya


Keywords


Sistem Informasi, CodeIgniter, E Voting.

Full Text:

PDF

References


Gunawan Heri, Pendidikan Karakter, Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta, 2012.

Muhammad Ridwan, Zainal Arifin, and Yulianto, “Rancang Bangun E-Voting Dengan Menggunakan Keamanan Algoritma Rivest Shamir Adleman (Rsa) Berbasis Web (Studi Kasus : Pemilihan Ketua Bem FMIPA),” vol. 11, 2016.

Sarini Vita Dewi, Cut Fachrul Rozi, and Mahendar Dwi Payana, “Efektifitas Implementasi Aplikasi E-Voting Pemilihan Geuchik Pada Kecamatan Kluet Utara ,” vol. 7, no. 2615–5346, Apr. 2021.

Budi raharjo, Belajar Otodidak Framework Code Igniter. Bandung: Informatika, 2015.

Hariselmi, Miftahul Ilmi, Henky Andema, and Dedi Rahman Habibie, “Implementasi Sistem Informasi Pembayaran SPP Berbasis Android Dengan Payment Gateway Midtrans,” vol. 10, no. 2338–1523, Apr. 2022.

Hanafi, “Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan,” Jurnal Kajian Keislaman, vol. 4, Dec. 2017.

M. Ilmi and Hariselmi, “Perancangan Sistem Informasi Penjadwalan Sistem Blok Berbasis Web Pada SMK Permataharapan,” vol. 9, 2021, doi: https://doi.org/10.47024/js.v9i2.246.

S. D. Putra, “Desain dan Implementasi Evaluasi Pembelajaran Berbasis Multimedia Menggunakan Flash, PHP dan MySQL,” vol. Vol. IV, 2013.

Shelvie Nidya Neyman, Muhammad Fikri Isnaini, and Sri Nurdiati, “Penerapan Sistem E-Votingpada Pemilihan Kepala Daerahdi Indonesia,” vol. 3, 2013.




DOI: https://doi.org/10.36294/jurti.v7i1.3390

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 (JurTI) Jurnal Teknologi Informasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JurTI (Jurnal Teknologi Informasi) terindex :

 

JurrTI (Jurnal Teknologi Informasi)

Program Studi Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Asahan.

Jl. Jend. Ahmad Yani, Kisaran – 21224  – Sumatera Utara

Telp/WA : 082370952109 - 081268777854

E-Mail : jurtischolar@gmail.com

JurTI (Jurnal Teknologi Informasi) s licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License