Perancangan Sistem E – Modul Berbasis Web Untuk Program Studi Informatika Universitas Amikom Purwokerto

Restiana Tri Oktavia, Hendra Marcos

Abstract


Pada zaman sekarang banyak sekali mahasiswa yang sudah beralih dari pembukuan secara fisik menjadi pembukuan secara web maupun mobile, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah seperti meningkatkan kualitas minat dan kebiasaan membaca dari manusia. Modul merupakan salah satu cara untuk meningkatkan dan mengembangkan minat dan semangat membaca. Didalam proses pembelajaran Universitas Amikom Purwokerto masih menggunakan modul presentasi dari dosen pengampu. Didalam proses pembelajaran terkadang dosen pengampu ataupun mahasiswa itu sendiri lupa untuk memberikan atau meminta materi terkait pembelajaran yang sudah dipaparkan saat pembelajaran berlangsung. Dan diperlukan adanya e-book yang didalamnya terdapat e-modul juga untuk menjadi media belajar tambahan. tujuan dari perancangan ini diharapkan dapat berguna untuk para mahasiswa Universitas Amikom Purwokerto dalam proses pembelajaran agar lebih baik dan dapat memaksimalkan proses belajar. Berdasarkan tinjauan teori, analisis dan perancangan program yang digunakan dalam bahasa pemrograman PHP dengan editor Notepad++ dan basis data menggunakan XAMPP menghasilkan pemrograman e-modul berbasis web.


Keywords


Perancangan E-Modul; Berbasis Web; Informatika

Full Text:

PDF

References


F. Purwaningtias, “Imam Solikin 21 Jurnal Sistem Informasi,” Teknol. Inform. dan Komput., vol. 8, no. 1, 2017.

Y. Nuraeni et al., “Sistem Informasi Perpustakaan Digital Berbasis Web Menggunakan PHP dan MySQL di AMIK Citra Buana Indonesia.” [Daring]. Tersedia pada: https://journal.cbi.ac.id/index.php/buanainformatikacbi

A. Prabowo, “Analisis Pemanfaatan Buku Elektronik ( E-Book ) Oleh Pemustaka Di Perpustakaan Sma Negeri 1 Semarang,” 2013. [Daring]. Tersedia pada: http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jip

M. A. Arrahman, P. Mayadewi, H. Kusmayadi, P. Studi, M. Informatika, dan P. Telkom, “Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web dan Pemanfaatan Teknologi SMS-Gateway Sebagai Sarana Penunjang Informasi Perpustakaan Studi kasus : SMK Negeri 4 Bandung”.

H. Yudiastuti, “Implementasi Metode Web Engineering Dalam Membangun Sistem Informasi Akademik Sekolah Berbasis Web,” 2018.

M. Alfianor, M. Dedy Rosyadi, dan D. A. Wibowo, “Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan Dan E-Book Berbasis Web Pada Sman 2 Banjarbaru.”

K. Gramoll, “Ac 2007-785: A Web-Based Electronic Book (Ebook) For Solid Mechanics A Web-Based Electronic Book (Ebook) For Solid Mechanics.” [Daring]. Tersedia pada: www.eCourses.ou.edu

M. Dedi Irawan dan S. A. Simargolang, “Implementasi E-Arsip Pada Program Studi Teknik Informatika,” J. Teknol. Inf., vol. 2, no. 1, 2018.

H. Ibrahim dan A. S. H. Alqahtani, “The impact of adopting Web 2.0-based E-Book on student learning skills,” Eurasia J. Math. Sci. Technol. Educ., vol. 14, no. 6, hal. 2509–2522, 2018, doi: 10.29333/ejmste/90085.

R. D. Lestari, I. Kalimantan, dan M. A. Al, “Aplikasi Pengelolaan Buku Dan Event Untuk Meningkatkan Minat Baca Pada Perpustakaan Smp Negeri 1 Binuang Berbasis Web.”

I. Solikin, “Implementasi E-Modul pada Program Studi Manajemen Informatika Universitas Bina Darma Berbasis Web Mobile,” vol. 2, no. 2, hal. 492–497, 2018, [Daring]. Tersedia pada: http://jurnal.iaii.or.id

R. Herdiyan Saputra, W. Waziana, J. Ali Baba, M. Ridho Magribi, dan A. Dwi Putra, “Rancang Bangun Perpustakaan Buku Digital (E-Book) Berbasis Web,” 2021, doi: 10.24042/el-pustaka.v2i2.10175.

R. S. Pressman dan D. B. Lowe, Web engineering : a practitioner’s approach. McGraw-Hill Higher Education, 2009.




DOI: https://doi.org/10.36294/jurti.v7i1.3212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 (JurTI) Jurnal Teknologi Informasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JurTI (Jurnal Teknologi Informasi) terindex :

 

JurrTI (Jurnal Teknologi Informasi)

Program Studi Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Asahan.

Jl. Jend. Ahmad Yani, Kisaran – 21224  – Sumatera Utara

Telp/WA : 082370952109 - 081268777854

E-Mail : jurtischolar@gmail.com

JurTI (Jurnal Teknologi Informasi) s licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License