Prediksi Mahasiswa Berpotensi Drop Out Dengan Metode Iteratif Dichotomiser 3 (ID3)

Dede Irmayanti, Yusuf Muhyidin, Dede Arif Nurjaman

Abstract


Pendidikan adalah proses mencari ilmu pengetahuan yang didapatkan dalam proses belajar mengajar selama masa pendidikan yang ditempuh. Tingginya tingkat keberhasilan mahasiswa dan rendahnya tingkat kegagalan mahasiswa merupakan cermin kualitas dari suatu perguruan tinggi. Banyaknya jumlah mahasiswa yang gagal dalam menyelesaikan pendidikan dapat berpengaruh terhadap nilai dari perguruan tinggi tersebut sehingga perlu dilakukan pencegahan sedini mungkin dengan melakukan prediksi terhadap mahasiswa yang berpotensi Drop out. Salah satu cara yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan metode data mining klasifikasi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Knowlede Discovery in Database (KDD), proses pengolahan datanya menggunakan algortima id3 aplikasi yang digunakan adalah Orange. Jumlah data yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 476 mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi Wastukancana Purwakarta angkatan tahun 2013 dan 577 mahasiswa angkatan 2017 sebagai bahan untuk melakukan prediksi dengan atribut yang dinilai adalah nilai IPS semester 1-4 dan Total SKS. Hasil perhitungan dievaluasi akurasinya dengan menggunakan confusion matrix. Penelitian ini menghasilkan decision tree yang digunakan untuk menentukan mahasiswa yang berpotensi Drop out dengan node akar adalah IPS4. Jumlah actual Drop out, predicted Drop out sebanyak 150 data, Jumlah actual Drop out, predicted Tidak sebanyak 55 data, Jumlah actual Tidak, predicted Drop out sebanyak 24 data, dan Jumlah actual Tidak, predicted Tidak sebanyak 238 data. Nilai akurasi perhitungannya sebesar 83,1%, presisi 86,2% dan recall 73,2%.

Keywords


data mining; KDD; drop out; id3; decision tree

Full Text:

PDF

References


Dwi Anggih Yosepta dan Tria Aprilianto, "Analisa Pola Kelulusan Mahasiswa Pada Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Komputer Asia Malang Menggunakan Algoritma Iterative Dichotomiser 3 (ID3)", Jurnal Positif Volume. 3 No.1, pp.47-55, 2017.

Khafiizh Hastuti dan Erwin Yudi Hidayat, "Analisis algoritma Decision Tree Untuk prediksi Mahasiswa Non Aktif", Semantik, ISBN:979-26-0266-6, 2013.

Wahyudin, Metode Iterative Dichotomizer 3 (ID3) Untuk Penyeleksian Penerimaan Mahasiswa Baru, Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (PTIK). Vol.2. 2009.

Untari. Dwi, "Data Mining Untuk Menganalisa Prediksi Mahasiswa Berpotensi Nonaktif Menggunakan Metode Decision Tree C4.5," Universitas Dian Nuswantoro, Semarang, 2014.




DOI: https://doi.org/10.36294/jurti.v5i2.2054

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JurTI (Jurnal Teknologi Informasi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JurTI (Jurnal Teknologi Informasi) terindex :

 

JurrTI (Jurnal Teknologi Informasi)

Program Studi Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Asahan.

Jl. Jend. Ahmad Yani, Kisaran – 21224  – Sumatera Utara

Telp/WA : 082370952109 - 081268777854

E-Mail : jurtischolar@gmail.com

JurTI (Jurnal Teknologi Informasi) s licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License