PENGARUH PENDIDIKAN, MOTIVASI DAN KETERAMPILAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA GURU DI SMP N 1 LIMA PULUH KECAMATAN LIMA PULUH KABUPATEN BATU BARA

Sri Rafika Damanik, Hilmiatus Sahla

Abstract


Tujuan penelirian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan, motivasi dan keterampilan kerja guru secara simultan dan parsial terhadap produktivitas kerja guru di SMP N 1 Limapuluh kabupaten batu bara. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SMP N 1 Limapuluh Kecamatan Limapuluh Kabupaten Batu Bara yang berjumlah 36 guru. Penelitian ini menggunakan sampel jenuh karena seluruh populasi dijadikan sampel. Data dikumpulkan dengan skla Likert. Teknis analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, pengujian hipotesis menggunakan uji-F secara simultan dan uji-t secara parsial dengan taraf signifikan 5% dan uji koefisien determinasi Adjusted R Square atau R2. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa Y + 1,628 + 0,452 X1 + 0,265X2 + 0,245X3 + e. Hasil uji F menjelaskan bahwa variable pendidikan, motivasi dan keterampilan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja guru di SMP N 1 Limapuluh Kabupaten Batu Bara dengan nilai Fhitung 9,714 > Ftabel 2,90. Selanjutnya uji t menunjukkan bahwa varibel pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja guru pada di SMP N 1 Limapuluh Kabupaten Batu Bara dengan nilai signifikan 0,0002 < 0,05 dengan nilai thitung 3,422 > tabel 2,034, variable motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja guru di SMP N 1 Limapuluh Kabupaten Batu Bara dengan nilai 0,018 < 0,05 dengan nilai thitung 2,484 > ttabel 2,034 dan variable keterampilan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja guru di SMP N 1 Limapuluh Kabupaten Batu Bara dengan nilai 0,037 < 0,05 dengan nilai thitung 2,175 > ttabel 2,034 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,428 atau 42%. Hal ini menunjukkan bahwa variable pendidikan, motivasi dan keterampilan kerja memiliki kontribusi sebesar 42,8% terhadap produktivitas kerja guru di SMP N 1 Limapuluh Kabupaten Batu Bara. Sehingga sisanya 57,2% dipengaruh oleh variable lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Untuk peneliti selanjutnya agar menambahkan variable – variable penelitian di luar model ini.
Kata Kunci: Pendidikan, Motivasi, Keterampilan Kerja dan Produktivitas Kerja 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36294/jse.v1i1.1329

DOI (PDF): https://doi.org/10.36294/jse.v1i1.1329.g1135

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi:

Gedung Fakultas Ekonomi, Universitas Asahan

Jl. Ahmad Yani No. 1, Kisaran , Kabupaten Asahan, Sumatera Utara 21214, Indonesia

Email:jurnalsainsekonomi@gmail.com