PEMANFAATAN APLIKASI DIGITAL WEBTOON SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MEMBACA

Wahyu Dini Septiari, Muhajir Muhajir

Abstract


Sastra modern bisa dikembangakan dengan penggunaan cybersastra atau sastra siber. Sastra memiliki genre prosa yang berfungsi sebagai hiburan serta pembelajaran yang diakses melalui aplikasi digital salah satunya Webtoon. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pemanfaatan aplikasi Webtoon sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia khusunya prosa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini berupa aplikasi Webtoon dan objeknya berupa pemanfaatan aplikasi Webtoon sebagai media pembelajaran prosa di SMA. Teknik dokumentasi dan catat merupakan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa anak lebih sering membaca menggunakan aplikasi Webtoon untuk mencari cerita yang mereka sukai dengan raga cerita yang menarik dan bisa diakses dengan gartis. Siswa menjadi lebih aktif karena membaca cerita di apliaksi Webtoon yang tidak menoton dan hadir sesuai dengan genre dan usia yang diinginkan. Aplikasi ini bisa digunakan sebagai media pembelajaran di sekolahan dengan saran guru harus mengontrol bacaan yang layak sesuai dengan pembelajaran yang akan dilakukan.

Full Text:

PDF

References


Bogdan, R. C., & Biklen, S. K. (2007). Qualitative Research for Education: An Introduction to Theories and Methods (5th ed.). Pearson.

Chun, S., & Kim, J. (2017). The Impact of Digital Comics (Webtoons) on the Reading Motivation of Adolescents in Korea. Library & Information Science Research, 39(1), 1-8.

Creswell, J. W. (2013). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (3rd ed.). SAGE Publications.

Crompton, H. (2013). A historical overview of mobile learning: Toward learner-centered education. In Z. L. Berge & L. Y. Muilenburg (Eds.), Handbook of mobile learning (pp. 3-14). Routledge.

Gee, J. P. (2007). What video games have to teach us about learning and literacy. Palgrave Macmillan.

Green, M. C., & Brock, T. C. (2000). The role of transportation in the persuasiveness of public narratives. Journal of Personality and Social Psychology, 79(5), 701-721.

Huang, R. T., & Chen, Y. H. (2018). The impact of reading illustrated narratives on narrative comprehension and narrative engagement: A study of Webtoon. Journal of Educational Computing Research, 56(3), 368-386.

Jenkins, H. (2006). Convergence culture: Where old and new media collide. NYU Press.

Kurniawan, A., & Ramadhani, A. (2020). Penggunaan Webtoon dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa SMA di Jakarta. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Informasi, 5(2), 112-120.

Mayer, R. E. (2009). *Multimedia learning*. Cambridge University Press.

Rosen, L. D., & Lim, A. F. (2012). Educational digital tools: The impact on student learning. Journal of Educational Technology, 9(3), 45-58.

Sung, Y. T., Chang, K. E., & Liu, T. C. (2016). The effects of integrating mobile devices with teaching and learning on students' learning performance: A meta-analysis and research synthesis. Computers & Education, 94, 252-275.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
View My Stats