PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GEOGEBRA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GRAFIK FUNGSI TRIGONOMETRI

anil hakim syofra

Abstract


Abstrak

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media Geogebra terhadap hasil belajar siswa pada materi grafik fungsi trigonometri di kelas X SMA Swasta Meranti memiliki pengaruh yang signifikan.Populasi dalam penelitian eksperimen ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA swasta Meranti tahun ajaran 2018/2019. Sedangkan yang menjadi sampel penelitian yaitu kelas eksperimen adalah kelas X-2 yang berjumlah 36 orang dan kelas kontrol adalah kelas X-1 yang berjumlah 35 orang yang dipilh dengan teknik cluster random sampling. Instrument dalam penelitian ini terdiri dari tes uraian sebanyak 5 soal dan tes diuji cobakan untuk melihat kelayakan soal. Dari hasil uji coba tes tersebut ternyata diperoleh bahwa semua soal valid. Sebelum pengujan hipotesis, terlebih dahuludiuji normalitas dan homogenitas. Dari pengujian diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yang memiliki varians yang homogen dan berdistribusi normal. Dari analisis data diperoleh rata-rata dan simpangan baku kelas eksperimen untuk data pre-test 58,50 dan 17,67, sedangkan untuk data post-test 82,64 dan 23,05. Untuk ilai rata-rata dan simpangan baku kelas kontrol untuk data pre-test 59,81 dan 18,23, sedangkan untuk data post-test 69,81 dan 11,80. Dari analisis data dengan mengunakan uji-t pada taraf  diperoleh  sedangkan  , ternyata , maka ditolak dan  diterima. Dengan demikian diperoleh kesimpulasn bahwa pengguaan media Geogebra terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi grafik fungsi trigonometri lebih baik dari pada hanya pembelajaran secara konvensional.

 


Full Text:

PDF

References


Hohenwarter, M., et al. (2008). Teaching and Learning Calculus with FreeDynamic Matgematics Software GeoGebra. Tersedia; http://www.publications.uni.lu/record/2718/files/ICME11-TSG16.pdf

Kemendikbud. (2013). Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud

National Council of Teachers of Mathematics. 2000. Principles and Standards for School Mathematics.VA: United States of America.

Sudjana. (2002). Metoda Statistika. Bandung: PT. Tarsito.

Wena, Made. (2010). Strategi Pembelajaran Inovative Kontenporer. Jakarta: Bumi Aksara

.




DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v4i1.893

Refbacks

  • There are currently no refbacks.