MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBASIS MULTIMEDIA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Rizal Cahyadi, Chusnal Ainy, Achmad Hidayatullah

Abstract


Penelitian ini dilakukan karena rendahnya aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif tipe make a match berbasis multimedia dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas VIII A di MTs YATABU Surabaya pada mata pelajaran matematika materi statistika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A MTs. YATABU Surabaya tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 25 peserta didik yang terdiri dari 11 laki-laki dan 14 perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap akhir siklus peserta didik mengerjakan soal tes sebagai evaluasi hasil belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Metode yang digunakan untuk analisis data adalah metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe make a match berbasis multimedia pada mata pelajaran matematika materi statistika dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, persentase aktivitas peserta didik dalam satu kelas pada pertemuan ke-1 siklus I sebesar 58 %, mengalami peningkatan pada siklus II pertemuan ke-2 yaitu menjadi 73,61 % dan pertemuan ke-3 menjadi 84,03 % sehingga rata-rata sebesar 78,82 %. Peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari persentase ketuntasan belajar peserta didik pada siklus I sebesar 72 %, mengalami peningkatan sebesar 83,33 % pada siklus II. Nilai rata-rata peserta didik dalam satu kelas juga mengalami peningkatan yaitu dari 74,44 pada siklus I menjadi 77,38 pada siklus II.

Full Text:

PDF

References


Ainy, Chusnal. (2009). Strategi Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Komunikasi Matematika. Didaktis. Vol. 8, No. 3.

Darmayanti, Nani. (2007). Bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah Kejuruan Tingkat Media (Kelas XI). Jakarta: Grafindo Media Pratama.

Hanumi, Farida., Chusnal Ainy., Endang Suprapti. (2017). Pembelajaran Matematika Melalui Metode Thinking Aloud Pair Problem Solving Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas Vii-B Smp Muhammadiyah 13 Surabaya. Journal of Mathematics Education, Science and Technology. Vol. 2, No. 1.

Hidayatullah, Achmad. (2016). Upaya Menumbuhkan Kreativitas Anak Dengan Permainan Matematika. Jurnal Pedagogi. Vol. 3, No. 3.

__________________. (2018). Pembelajaran Matematika Pada Era Media Sosial dan Budaya POP. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 1, No. 1.

Huda, Miftahul. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paragdimatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ismawati, N., N. Hindarto. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan Struktural Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. Vol. 38, No. 41.

Mufidah, Lailatul., Dzulkifli Effendi., Titi Teri Purwanti. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tps Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Matriks. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo. Vol.1, No.1.

Munir. (2012). Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Offirstson, Topic. (2014). Aktivitas Pembelajaran Matematika Melalui Inkuiri Berbantuan Software Cinderella. Yogyakarta: Deepublish.

Sudjana, Nana. (2005). Metoda dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Production.

Suprapti, Endang, et al. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Komputer Pada Mata Kuliah Metode Numerik Melalui Program Lesson Study. Journal of Mathematics Education, Science and Technology.Vol. 13, No. 3.

Suprapti, Endang (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Kooperatif Tipe STAD dengan Media Powerpoint Ispring pada Materi Jajargenjang, Layang-layang, dan Trapesium di Kelas VII SMP. Journal of Mathematics Education, Science and Technology. Vol. 1, No. 1.

Afridati, Siti Maryam. (2018). Upaya Meningkatkan Aktivitas Peserta didik dan Hasil Belajar Matematika Barisan Bilangan dan Deret Melalui Penggunaan Pendekatan CTL Bagi Peserta didik Kelas IXA Semester Gasal SMP Ta’mirul Islam Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Empirisme. Vol. 6, No. 4.

Shoffa, Shoffan dan Endang Suprapti. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Metode Numerik dengan Model Pembelajaran kooperatif Jigsaw. Journal of Mathematics Education, Science and Technology. Vol. 2, No. 2.

Simamora, Lambok. (2014). Pengaruh Persepsi Peserta didik Tentang Kompetensi Pedagogik Guru Dan Kebiasaan Belajar Peserta didik Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif. Vol. 4, No. 1.




DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v4i1.732

Refbacks

  • There are currently no refbacks.