Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Kriteria Watson

Hairun - Nisah, Eva Margaretha Saragih, Mardhiyah Mardhiyah, Ferry Hutagaul, Nazla Nazla

Abstract


Abstract

Based on the problems of students who frequently make mistakes when solving mathematical problems, especially when it comes to building materials of curved side spaces, this study will identify the series of errors that cause students to make errors when resolving the mathematics of building curved sides spaces. The study involved 28 students in the th grade. A qualitative descriptive approach is used in this study. The results of the descriptive research showed that students answered both questions at the reading stages correctly (with a percentage of 0% on each question), as well as the level of understanding and transformation (with percentages of 9.52%, and 4.76%, respectively, on questions No. 1 and 2), the process skill level, which has a percent of 14.28% and 19.04%, and the final step, that is, the coding of the final answer, which contributes to 19,04% of both questions. The findings of the study led to the conclusion that, according to Newman's approach, the most common errors occurred at the process skill stage and Endcoding Errors (19.04%).

Keywords: Error analysis, watson criteria, problem solving, curved side room, students.

Abstrak

Berdasarkan masalah peserta didik yang kerap kali melakukan kesalahan ketika menyelesaikan  masalah matematika, utamanya ketika menyangkut materi bangun ruang sisi lengkung, studi ini akan mengidentifikasi ragam kesalahan yang menyebabkan para peserta didik melakukan kekeliruan ketika memecahkan masalah matematika bangunan ruang sisi lengkung. Penelitian ini melibatkan 28 siswa kelas   . Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan dalam studi ini. Dari hasil penelitian yang bersifat deskriptif menunjukkan bahwa peserta didik menjawab kedua soal pada tahap membaca dengan benar (dengan persentase 0% pada setiap pertanyaan), serta tahap pemahaman dan transformasi (dengan persentase masing-masing 9,52% dan 4,76%, pada pertanyaan  no. 1 dan 2), Tahap keterampilan proses, yang memiliki persentase 14,28% dan 19,04%, dan langkah terakhir, yaitu pengkodean respons akhir, yang menyumbang 19,04% dari kedua pertanyaan. Temuan penelitian mengarah pada kesimpulan bahwa, menurut pendekatan Newman, kesalahan yang paling sering terjadi yaitu pada tahap keterampilan proses dan Kesalahan Endcoding (19,04%).

Kata kunci: Analisis kesalahan, kriteria watson, pemecahan masalah, bangun ruang sisi lengkung, siswa.


Full Text:

PDF

References


Cahyani, M. E., Sulangi, V. R., & Pulukadang, R. J. (2022). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Kriteria Watson pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 3 Bitung. MARISEKOLA: Jurnal Matematika Riset Edukasi Dan Kolaborasi, 3(2), 77–84. https://doi.org/10.53682/marisekola.v3i2.1156

Dirgantoro, K. P. S., Saragih, M. J., & Listiani, T. (2019). Analisis Kesalahan Mahasiswa Pgsd Dalam Menyelesaikan Soal Statistika Penelitian Pendidikan Ditinjau Dari Prosedur Newman [an Analysis of Primary Teacher Education Students Solving Problems in Statistics for Educational Research Using the Newman Procedure. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 2(2), 83. https://doi.org/10.19166/johme.v2i2.1203

Hartati, L. (2019). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Linier Dasar Berdasarkan Kriteria Watson. Simposium Nasional Ilmiah, Peningkatan Kualitas Publikasi Ilmiah melalui Hasil Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat, 97–104. https://doi.org/10.30998/simponi.v0i0.324

Maf’ula, D. A., & Mardhiyana, D. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Transformasi Geometri Berdasarkan Kriteria Watson. Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan, 2020, 159–164. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip

Newman, B. M. (2024). Kesalahan siswa dalam mengerjakan soal matematika berdasarkan metode newman. 12(1).

Nisah, H., & Harahap, A. (2023). Perbedaan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Dengan Model Pembelajaran Index Card Match Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 6(2), 619–630. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i2.16263

Pratami, S. R., Sundayana, R., & Sofyan, D. (2023). Kesalahan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan prosedur newman pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), 165–174. https://doi.org/10.31980/powermathedu.v2i2.3103

Syachtiyani, W. R., & Trisnawati, N. (2021). Analisis Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 90–101. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.878

Umar, A., & Sartika, L. A. (2024). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika Berdasarkan Prosedur

Newman. Malewa: Journal of Multidisciplinary Educational Research, 1(02), 98–108. https://doi.org/10.61683/jome.v1i02.64

Wibawa, A., Safira, D., & Noviyanti, P. L. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Prosedur Newman Dalam Menyelesaikan Soal Tipe Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Gaya Kognitif Fi Dan Fd. Jurnal Pembelajaran Dan Pengembangan Matematika, 3(1), 53–62. https://doi.org/10.36733/pemantik.v3i1.6249




DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v9i1.4465

Refbacks

  • There are currently no refbacks.