Perbedaan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa yang Diajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) dan Tipe Team-Accelerated-Instruction (TAI) SMP Swasta Hangtuah I Belawan
Abstract
ABSTRACT
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan yang diajar dengan model kooperatif tipe TAI pada sub pokok bahasan jajargenjang dan belahketupat di kelas VII SMP Hangtuah I Belawan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Hangtuah I Belawan yang terdiri dari 7 kelas. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini ada dua kelas, yaitu kelas VII-6 sebanyak 30 orang yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe TPS dan kelas VII-7 sebanyak 28 orang yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe TAI, penentuan sampel dilakukan secara acak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah test essay sebanyak 5 soal yang telah dinyatakan valid. Data dianalsis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian dan pengujian hipotesis disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) pada sub pokok bahasan jajargenjang dan belahketupat di kelas VII SMP Hangtuah I Belawan, dengan = dan = 1,632 diperoleh thitung > ttabel sehingga H0 ditolak yang berarti bahwa kemampuan penalaran matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih baik daripada siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe TAI pada sub pokok bahasan Jajargenjang dan Belahketupat di kelas VII SMP Swasta Hangtuah I Belawan.
Kata kunci: Model kooperatif tipe Think-Pair-Share, tipe Team Accelerated Instruction (TAI), Kemampuan Penalaran.
Full Text:
PDFReferences
Abbdurahman, M., (2009), Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.
Arikunto, S., (2010), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta, Jakarta.
Arikunto, S., (2009), Manajemen Penelitian, Rineka Cipta, Jakarta.
Dewi Nuharini dan Tri Wahyuni, (2008), Matematika konsep dan aplikasi untuk SMP & MTs Kelas VII, Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Djumanta, Wahyudin, (2008), Mari Memahami Konsep Matematika untuk Kelas VII, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Medan, (2010), Pedoman Penulisan Proposal dan Skripsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan FMIPA Unimed, FMIPA Unimed.
Isjoni., (2009), Cooperative Learning, Penerbit Alfabeta, Bandung.
Lie, A., (2010), Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas, PT Grasindo, Jakarta.
Shadiq, Fadjar., (2009), Kemahiran Matematika, Pusat Perkembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependididkan Matematika, Yogyakarta.
Shadiq, Fadjar., (2009), Model-Model Pembelajaran Matematika SMP, Pusat Perkembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependididkan Matematika, Yogyakarta.
Sudjana., (2005), Metoda Statistika, Tarsito, Bandung.
Trianto, (2010), Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progressif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Kencana, Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v3i2.444
Refbacks
- There are currently no refbacks.