PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS VIII SMP NEGERI MEDAN

weni widya asriati

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Apakah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis melalui Pembelajaran Berbasis Masalah di kelas VIII lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori. (2) Apakah peningkatan motivasi belajar siswa melalui pembelajaran berbasis masalah di kelas VIII lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori (3) Bagaimana proses jawaban dari siswa yang mendapatkan pembelajaran berbasis masalah  dan siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori.

Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini siswa SMP Negeri 28 Medan dan SMP Negeri 36 Medan. Pemilihan sampel dilakukan secara random dengan mengacak kelas. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes kemampuan pemecahan masalah matematis dengan materi kubus dan balok (2) angket motivasi belajar siswa. Adapun  tes yang digunakan untuk memperoleh data adalah berbentuk uraian. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Analisis statistik data dilakukan dengan analisis uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis yang melalui pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori. Dimana indikator memahami masalah lebih tinggi dari ketiga indikator lainnya. (2) peningkatan motivasi belajar siswa yang melalui model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori. Dimana motivasi intrinsik lebih tinggi daripada motivasi ekstrinsik.

                     

Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Motivasi Belajar Siswa


Full Text:

PDF

References


Arends, Richard I. (2008). Learning to Teach : Belajar Untuk Mengajar. Edisi ketujuh Jilid 2. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Kurikulum dan Hasil Belajar Rumpun Pelajaran Matematika. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas.

Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Sekolah Menengah Pertama. Jakarta : Depdiknas.

Hamalik, Oemar. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Erlangga.

Hasratuddin,(2006). Membangun Karakter Melalui Pembelajaran Matematika. Paradigma Jurnal Pendidikan Matematika. Vol.6 No.2. Medan: Program Studi Pendidikan Matematika PPs UNIMED.

NCTM, (2000).Principles and Evaluation Standards For Scool Matematics.

Polya, G. (1985). How to Solve It. Anew Aspect of Mathematical Methods New Jersey : Pearson Education,Inc.

Ruseffendi, E.T. (1990). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CSBA. Bandung: Penerbit Tarsito.

Sanjaya, Wina. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Sardiman, AM. (2008). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

-------------.(2012). Motivasi Instrinsik dan Ekstrinsik. (Online). (http://.pinterdw.blogspot.com/2012/02/motivasi-instrinsik dan ekstrinsik, diakses 15 september 2012)

Satyasa I Wayan.(2008). Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Kooperatif. Nusa Penida : FMIPA Universitas Pendidikan Ganesha.

Shadiq,F. (2007). Strategi Pemecahan Masalah pada Olimpiade Matematika Sekolah Dasar. Yogyakarta : PPPG Matematika.

Sugamin, K, Y. & Sabandar, J. (2009). Mathematical Problem Solving in Mathematics Realistic. Jurnal Pendidikan matematika, 2 (1): 179-190.

Sumardiyono. (2007). Tips dalam Penerapan Pembelajaran Problem Problem solving. Yogyakarta : PPPPTK Matematika.

Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Masmedia Buana Pustaka.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : Kencana.

Turmudi. (2008). Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika. Jakarta: Leuser Cita Pustaka.

Wardhani Sri dan Wiworo, dkk .(2010). Pembelajaran Kemampuan Pemecahan Masalah di SMP. Yogyakarta : PPPPTK Matematika




DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v3i2.437

Refbacks

  • There are currently no refbacks.