ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetah gambaran kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika pada siswa sekolah menengah pertama. Jenis penelitian yang dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan populasi penelitiannya adalahwa kelas 7D SMPN 3. Kosambi Kabupaten Tangerang sejumlah 30 siswa dan jumlah sampel sebanyak 3 siswa berdasarkan kategori tinggi, sedang dan rendah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini mengenakan tes tulis kemampuan berpikir kritis berbentuk essay dan wawancara berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa ang berkemampuan berpikir kritis tinggi mampu menyelesaikan soal dengan menggunakan 4 indikator yaitu interpretasi, analisis, evaluasi, dan inferensi, siswa yang berkemampuandang mampu menyelesaikan soal dengan 2 indikator yaitu analisis dan evaluasi, sedangkan siswa yang berkemampuan berpikir kritis rendah mampu menyelesaikan soal dengan menggunakan I indikator yaitu interpretasi.
Full Text:
PDFReferences
Davidi, E. I. (2020). Kajian Faktor-Faktor Penghambat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 44.
Jihad, A., & Haris, A. (2019). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta. Muklti Pressindo.
Kurniawati, D., & Ekayanti, A. (2020). Pentingnya Berfikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran, 108–109.
Mahmuzah, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Problem Posing. Jurnal Peluang, 1.
Noor, N. L. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Implusif Dan Reflektif. Jurnal Pendidikan Matematika, 48–51.
Nurkholifah, S., Toheri, & Winarso, W. (2018). Hubungan antara Self Confidence dengan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Edumatica, 59.
Nurul Aisyah, D. F. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT. MAJU, 8, 405.
Rismayanti, T. A., Anriani, N., & S. (2022). Pengembangan E-Modul Berbantu Kodular pada Smartphone untuk. Jurnal Pendidikan Matematika, 860.
Sukmadinata, N. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Vanie Dewi Rosliani, D. R. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siwa Kelas VII Pada Materi Pecahan. Jurnal Educatio, 403–404.
DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v8i2.3862
Refbacks
- There are currently no refbacks.