VALIDASI BUKU AJAR PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS TPACK

Dhia Octariani, Metrilitna Br Sembiring

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan buku ajar pengembangan media pembelajaran matematika berbasis TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) yang valid agar mampu meningkatkan penguasaaan teknologi, pedagogic, dan materi pembelajaran mahasiswa sebagai calon guru abad 21 yang propesional. Penelitian ini dibatasi dalam tahap pengembangan dan validasi buku ajar oleh para ahli. Hasil validasi para validator menyatakan buku ajar yang dikembangkan cukup valid dan layak digunakan pada tahan implemnatasi dengan skor rata-rata yang didapat 3,6 serta validasi perangkat lain yang dihasilkan seperti RPS dan angket profil TPACK mahasiswa juga dalam katagori valid dan dapat digunakan pada tahap implementasi.

Kata kunci: Pengembangan buku ajar, TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge)


Full Text:

PDF

References


Harris, J., Grandgenett, N., & Hofer, M. (2010). Testing a TPACK-Based Technology Integration Assessment Rubric. In D. Gibson & B. Dodge (Eds.). Proceedings of Society for Information Technology & Teache Education International Conference 2010 (hal. 3833-3840). Chesapeake, VA: AACE.

Mishra, P., & Koehler, M. (2006). Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework for Teacher Knowledge. Teachers College Record, 108(6): 1017–1054.

Muslich, M. (2010). Melaksanakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Itu Mudah. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Nayla Rizqiyah.(2021).Implementasi Technological Pedagogical Content Knowledge Sebagai Modernisasi di Bidang Pendidikan.Jurnal.unimed.ac.id

Sungkono, dkk. (2009). Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Suparman, M.A. (2012). Desain Instruksional Modern. Jakarta: Erlangga.

Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu Konsep Strategi Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v7i2.3278

Refbacks

  • There are currently no refbacks.