PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MODEL PMRI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (1) Bagaimana mutu lembar kerja para peserta didik dengan model pendidikan matematika realistik Indonesia (PMRI), (2) Bagaimana hasil pengembangan lembar kerja peserta didik dengan menggunakan model PMRI terhadap kemampuan pemecahan masalah yang telah dikembangkan. Model pengembangan 4-D digunakan pada pengembangan lembar kerja peserta didik. Penelitian ini memiliki beberapa tahapan diantaranya define, design, develope dan disseminate. Adapun subjek pada penelitian ini yaitu para siswa kelas VIII-C SMP AL MANAR. Berdasarkan hasil uji coba I dan II diperoleh hasil: (1) Validitas pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) dinyatakan valid, kepraktisan lembar kerja peserta didik berdasarkan model PMRI sudah memenuhi persyaratan praktis jika dilihat dari: (1) Validator menyatakan lembar kerja peserta didik berdasarkan model PMRI yang dikembangkan bisa digunakan dengan sedikit perbaikan; (2) Lembar kerja peserta didik telah terlaksana dengan capaian dikategorikan baik. Lembar kerja para peserta didik berdasarkan model PMRI sudah memenuhi persyaratan efektif. Persyaratan efektif dilihat dari: (1) Capaian belajar siswa dalam bentuk klasikal telah tuntas saat uji coba II; (2) aktivitas siswa sepanjang kegiatan belajar sesuai ketetapan persyaratan toleransi waktu yang ideal; (3) siswa memiliki respon positif terhadap lembar kerja peserta didik dan kegiatan pembelajaran yang dikembangkan. Hasil Pengembangan lembar kerja peserta didik dengan menggunakan model PMRI terhadap kemampuan menyelesaikan permasalahan dengan materi SPLDV yaitu melalui uji coba I hasil nilai rata-rata 69,05 dan melalui uji coba II hasil nilai rata-rata 72,84.
Full Text:
PDFReferences
Ananda Febri. 2021. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendidikan Matematika Realistik (PMRI) Pada Pokok Bahasan Luas Permukaan Bangun Ruang Sisi Lengkung. Skripsi. Medan : UMSU
Hidayati, Kurnia. (2013) : Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) di SD/MI.
Mayasari, Putri. 2019. Pengembangan LKPD Berbasis Masalah Dengan Pendekatan PMRI Pada Materi Statistika di Kelas VIII. Skripsi. Universitas Sri Wijaya
MI Simamora, NR Rizqi (2022) Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis antara Pembelajaran TPS dan NHT. Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya.
Munir, M., & Sholehah, H. (2020). Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Al-Muta`aliyah : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1)
R. Soedjadi. (2007): Inti Dasar-dasar Pendidikan Matematika Realistik Indonesia.
Saragih Mira Bella, Risna. Simamora, Yumira (2021): Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Vol 4 No 2.
Sa’adah, R. N. W. (2020). Metode penelitian R&D (research and development) (Abdullah,). Literasi Nusantara.
Sinaga, B. 2007. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berdasarkan Masalah Berbasis Budaya Batak (PBMB3). Disertasi. Tidak dipublikasikan. Surabaya: PPs Universitas Negeri Surabaya.
Simamora, Yumira (2011). Perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematika antara siswa yang diberi pembelajaran berbasis masalah dengan pengajaran langsung.
Sutrisno (2016) : Berbagai Pendekatan dalam Pendidikan Nilai dan Pendidikan Kewarganegaraan.
Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif , Kualitatif dan r & d. 456.
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Wibowo, A. (2017). Pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik dan saintifik terhadap prestasi belajar, kemampuan penalaran matematis dan minat belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika.
Wijaya, Ariadi (2011). Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Graha Ilmu.
Widiyoko, Putro (2010). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Yanuar Sinatra. (2015) : Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Pokok Bahasan Energy dan Perubahannya. (Malang: Sekolah Tinggi Tekhnik Malang)
.
DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v7i2.3219
Refbacks
- There are currently no refbacks.