KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS MATERI KOORDINAT KARTESIUS BERDASARKAN GENDER DI MTs. SWASTA SHOLIHIN

Puput Mawarti, Desniarti Desniarti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa pada materi Koordinat Kartesius berdasarkan gender siswa. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomologi. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 di MTs Swasta Sholihin Tanjung Morawa tahun ajaran 2022/2023. Pengambilan data dalam penelitian ini diperoleh dengan memberikan tes kemampuan literasi matematis dan wawancara kepada para partisipan. Hasil pada penelitian menunjukkan rata-rata skor kemampuan literasi siswa laki-laki sebesar (73) dan pada siswa perempuan memiliki rata-rata skor kemampuan literasi sebesar (64). Pada ketercapaian kemampuan literasinya, siswa laki-laki mendapati presentasi sebesar 81% dan pada siswa perempuan presentasinya sebesar 71%. Ini dapat diartikan bahwa siswa kelas VIII-1 tahun ajaran 2022/2023 di MTs Sholihin Tanjung Morawa kemampuan literasi matematis siswa pada materi koordinat kartesius siswa laki-laki diatas daripada siswa perempuan.

Kata kunci: Kemampuan Literasi Matematis, Koordinat Kartesius, Gender


Full Text:

PDF

References


Arifin Zainal. (2011). Penelitian Pendidika: Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

(2016). MATEMATIKA. In A. As'ari, M. Tohir, E. Valentino, Z. Imron, & I. Taufiq. Jakarta: Pusat

Kurikulum dan Perbukuan, Balibatang, Kemendikbud.

(2017). In A. As'ari, M. Tohir, E. Valentino, Z. Imron, & I. Taufiq, BUKU GURU MATEMATIKA (pp. 1-408). Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Indiyani Sembiring. (2021). Analisis Kemandirian Belajar dan Kecemasan Belajar Matematika Ditinjau Dari Gender Siswa. pp. 1-133.

Julisra, Wenny; Sepriyanti, Nona;. (2019). KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DALAM PERSPEKTIF GENDER DI KELAS X MIA 7 SMAN 10 PADANG. Math Educa, 195-206.

Junika, N., Izzati, N., & Tambunan, L. (2020). Pengembangan Soal Statistika Model PISA untuk Melatih Kemampuan Literasi Statistika Siswa. Mosharafa Jurnal Pendidikan Matematika, 499-510.

Menyongsong Digelarnya Putaran PISA Tahun 2021. (2021).

Muslimah, H., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berbentuk Soal Cerita. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 36-43.

Nur, Isna;. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Perspektif Gender. pp. 1-9.

OECD. (2018). Information About The PISA Study 2018. Paris: OECD Publishing.

OECD. (2019). LITERASI MATH.

OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. Paris: OECD Publishing.

PISA Governing Board Indonesia. (2019). PENDIDIKAN DI INDONESIA BELAJAR DARI HASIL. pp. 1-195.

Prastyo, H., & Salman, A. (2020). Pengembangan Soal Matematika Model Pisa Menggunakan Konteks Kalimatan Timur. Jurnal Padegogik, 1-44

Rahayu, D. U., Mulyono, & Cahyono, A. (2020). Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa Pada Model PBL Berbantuan LMS . UNNES, 715-720.

Ummu Kalsum. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA DALAM PERSPEKTIF GENDER SISWA KELAS VIII DI MTs NEGERI 3 LUWU.




DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v7i2.3218

Refbacks

  • There are currently no refbacks.