ANALISIS PENGGUNAAN WHATSAPP TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA DI MASA PANDEMI COVID-19 SMP SWASTA PANGERAN ANTASARI
Abstract
Pada masa pandemi Covid-19 menyebabkan perubahan strategi pembelajaran dari offine menjadi online, dimana pada sistem pembelajaran ini terdapat beberapa masalah atau kendala yang terjadi. Diantaranya, tidak memiliki Smartphone, tidak mempunyai kuota, jaringan internet yang kurang stabil dan lainnya. Dalam penelitian ini pelaksanaan pembelajaran online dilaksanakan menggunakan aplikasi whatsapp. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dimana penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar matematika siswa masa pandemi Covid-19 dengan menggunakan WhatsApp di SMP Swasta Pangeran Antasari. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Swasta Pangeran Antasari tahun ajaran 2021/2022. Sampel yang diambil kelas VII-1 yang berjumlah 38 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data diperoleh melalui pengisian lembar kuesioner untuk mengetahui kategori penggunaan whatsapp dan motivasi belajar matematika siswa dengan jumlah item sebanyak 40 pernyataan. Angket yang digunakan sudah diuji validitas dan reliabilitasnya menggunakan Pearson product moment dan alpha cronbach’s. Berdasarkan hasil penelitian menujukkan bahwa 1) Penggunaan whatsapp dalam pembelajaran matematika kelas VII di SMP Swasta Pangeran Antasari ada pada kategori cukup baik, dengan persentase sebesar 49,9%. 2) Penggunaan whatsapp terhadap motivasi belajar matematika siswa masa pandemi Covid-19 di SMP Swasta Pangeran Antasari melalui analisis angket diperoleh skor rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 3,33% kategori baik.
Kata Kunci: Penggunaan WhatsApp, Motivasi Belajar
During the Covid-19 Pandemi, it caused a change in learning strategies from offine to online, where in this learning system there were several problem or obstacles that occurred. Among them, not having a Smartphone, not having a quato, an internet network that this less stable and others. In this study, the implementation of online learning was carried out using the Whatsapp application. This study uses a qualitative descriptive research method, where this study aims to determine the students’ motivation to learn mathematics during the Covid-19 pandemi by using WhatsApp in private junior high school Prince Antasari. The population in this study were all seventh grade studendts at SMP Swasta Pangeran Antasari for the academic year 2021/2022. The sample was taken by class VII-1, totaling 38 students using purposive sampling teachnique. Data was obtained through filling out a questionnaire sheet to determine the categories of whatsapp use and students’ motivation to learn mathematics with a total of 40 items. The questionnaire used has been tested for validity and reliability using Pearson’s product moment and cronbach’s alpha. Based on result of the study, it shows that 1) The use of whatsapp in learning mathematics for class VII at Prince Antasari Private Junior High School is in fairly good category, with a percantage of 49,9%. 2) The use of whatsapp on students motivation to learn mathematics during the Covid-19 pandemi at Prince Antasari Private Junior High School through questionnaire analysis obtained an average score of 3,33% of student’s learning motivation in the good category.
Kata Kunci: WhatsApp usage, learning motivation
Full Text:
PDFReferences
Amalia, R. (2020). Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Peserta Didik Kelas VII MIN 14 Kabupaten Blitar Tulungagung: Skripsi PGMI.
Mona, Nailul. (2020). Konsep Isolasi Dalam Jaringan Untuk Menimalisasi Efek Contagious (Kasus Penyebaran Virus Corona Di Indonesia). Jurnal Sosial Humaniara Terapan, hlm. 117.
Menteri Pendidikan. (2020). Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat CoronaVirus (COVID-19).
Mia Zultrianti Sari, Y. I. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakan Di Bidang Pendidikan Pengajaran Dan pembelajaran, hlm.168.
Mona, Nailul. (2020). Konsep Isolasi Dalam Jaringan Untuk Menimalisasi Efek Contagious (Kasus Penyebaran Virus Corona Di Indonesia). Jurnal Sosial Humaniara Terapan, hlm. 117.
Nursyamsiyah Yusuf. (2000). Ilmu Pendidikan, Tulungagung: Pusat Penerbitan dan Publikasi, hlm. 6-7.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: CV Alfabeta, hlm. 17.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta, hlm. 2019.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (Bandung: Citra Umbara, 2008).
World Health Organization. (2020). Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) Situation Report-I. [Online] Indonesia: World Health Organization, p. 8.
Yurianto, Ahmad, Bambang Wibowo, K.P. (2020). PEDOMAN PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN CORONAVIRUS DISEASE (COVID-19) (M. I. Listiana Azizah, Adistikah Aqmarina (Ed.)).
DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v6i2.2459
Refbacks
- There are currently no refbacks.