Analisis Berpikir Pseudo Penalaran Kovariasi Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Limit Fungsi

Rasudi Rasudi, Suwarno Ariswoyo, Abdul Mujib

Abstract


This study aims to determine the process of thinking Pseudo reasoning covariance happens to students in problem solving functions limit. This research is a qualitative descriptive study. The subjects of the 5 students of class TPH XI SMK-PP Negeri Kutacane . Data collection methods in this study include: test question sheets and interview sheets. The results showed that there were three types of pseudo- covariate reasoning, namely: (1) Pseudo-wrong thinking students in solving  function limit problems occur in low, medium, and high ability students; (2) Students' pseudo-true thinking in solving  function limit problems occurs in students with moderate abilities; and (3) Students' pseudo conceptual thinking in solving  function limit problems occurs in students with moderate abilities.

 

Keywords: Pseudo, covariate reasoning, Functions Limit

 

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses berpikir Pseudo penalaran kovariasi yang terjadi pada siswa dalam menyelesaikan masalah limit fungsi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 5 siswa kelas TPH XI SMK-PP Negeri Kutacane. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi: lembar soal tes dan lembar wawancara. Hasil penelitian menunjukan ada tiga jenis bepikir pseudo penalaran kovariasi yaitu: (1) Berpikir pseudo-salah siswa dalam menyelesaikan masalah limit fungsi terjadi pada siswa berkemampuan rendah, sedang, dan tinggi; (2) Berpikir pseudo-benar siswa dalam menyelesaikan masalah limit fungsi terjadi pada siswa berkemampuan sedang; dan (3) Berpikir pseudo-konseptual siswa dalam menyelesaiakan masalah limit fungsi terjadi pada siswa berkemampuan sedang.

 

Kata kunci: berpikir Pseudo, penalaran Kovariasi, Limit Fungsi


Full Text:

PDF

References


Arifin, M. Y., Kirana, T., &Widodo, W. (2017). Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Bernalar Siswa Kelas VI Berbantuan Media Buku Pop Up. JPPIPA: Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. 2(1): 6-14.

Batubara, I. H. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Autograph dan Geogebra di SMA Freemethodist Medan. MES (Journal Of Mathematics Education And Science). 3(1): 47-54.

Rahmasantika, D., & Prahmana, R. C. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Pada Operasi Hitung Pecahan Berdasarkan Tingkat Kecerdasan Siswa. Journal Of Honai Math. 1(2): 81-92.

Subanji. (2011). Teori Berpikir Pseudo Penalaran Kovariasional. Malang: Universitas Negeri Malang.

Umah, U., As’ari, A. R., & Sulandra, I. (2016). Struktur Argumentasi Penalaran Kovariasional Siswa Kelas Viiib Mtsn 1 Kediri. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. 1(1): 1-12.




DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v6i1.2382

Refbacks

  • There are currently no refbacks.