Meningkatkan Hasil Belaar Siswa Melalui Model Pembelajaran Resitasi

Elsida Aritonang

Abstract


Abstract

This research used classroom action research. Aims to improve student learning outcomes through the Recitation Learning Method. The location of this research is in SMA Negeri 2 Pematangsiantar. The address is Jl. Patuan Anggi No.08 Pematangsiantar. The time of the study was carried out from January to February 2019. The subjects of this study were students of class XI PIS 1 SMA Negeri 2 Pematangsiantar with a total of 45 students. Which consists of 24 men and 21 women. The results of the research in the first cycle, from 45 students who were the subjects in this study, it turned out that there were 33 students (73.33%) who had learning mastery, while 12 students (26.67%) still did not have learning mastery. The average grade obtained in the first cycle is 73.3. The results of the research in the second cycle, from 45 students there are 42 students (93.33%) who have achieved mastery learning. The average value obtained is 87.3. And based on that, it can be concluded that there is an increase in this learning outcomes through the recitation learning method in mathematics in class XI PIS I SMA Negeri 2 Pematangsiantar

 

Keywords: invers function;  recitation

 

 

Abstrak

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran Resitasi. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Pematangsiantar  beralamatkan di Jl. Patuan Anggi No.08 Pematangsiantar. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Januari sampai Pebruari 2019. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI PIS 1 SMA Negeri 2 Pematangsiantar dengan jumlah siswa 45 orang. Yang terdiri dari 24 laki-laki dan 21 perempuan. Hasi penelitian pada siklus I, dari 45 orang siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, ternyata telah ada 33 orang siswa (73,33%) yang memiliki ketuntasan belajar, sedangkan 12 orang siswa (26,67%) masih belum memiliki  ketuntasan belajar. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh pada siklus I ini mencapai 73,3. Hasil penelitian pada siklus II, dari 45 siswa terdapat 42 siswa (93,33%) yang telah mencapai ketuntasan belajar. Nilai rata-rata yang diperoleh adalah 87,3. Ditarik kesimpulan bahwa Terdapat Peningkatan hasil Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Resitasi Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas XI PIS I SMA Negeri 2 Pematangsiantar.

 

 Kata kunci: fungsi invers; resitasi

 

 


Full Text:

PDF

References


Alfonsius, A. (2021). Penyelenggaraan Pembelajaran Perguruan Tinggi Swasta Di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Accounting and Management Innovation, 5(1), 1-10.

Arikunto, S. (2017). Pengembangan instrumen penelitian dan penilaian program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ayuwanti, I. (2017). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di SMK Tuma'ninah Yasin Metro. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2).

Pakpahan, S. P., & Sapta, A. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Catur matematika Untuk Menging-katkan Kemempuan Matematika Siswa Sekolah Dasar.

Safitri, S. (2021). MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH. e-Jurnal Mitra Pendidikan, 5(4), 287-295.




DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v6i1.2302

Refbacks

  • There are currently no refbacks.