Strategi Manajemen Kelas Selama Kuliah Online (Studi Banding Dosen Baru dan Dosen Lama di Prodi PGSD Universitas Quality)
Abstract
Abstract
The purpose of this study is to find out the problems that occur during online learning both in using strategies or methods in the classroom that are used between new lecturers and old lecturers, besides the purpose of this research is to review the most appropriate ways in planning strategies in management. class. To answer this goal, the researcher used qualitative methods and class observations and interviews which were used as instruments in this study. The results of this study indicate that online learning in classroom management requires a set of strategies, namely knowing how to communicate well with students and having an effective class management program in managing online classes. The results of this study can be useful for lecturers, especially new lecturers in managing online classes in order to increase learning opportunities for all students.
Keywords: class; management; online
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui masalah-masalah yang terjadi selama pembelajaran online baik dalam menggunakan strategi atau metode dalam kelas yang digunakan antara dosen baru dan dosen lama, selain itu tujuan penelitian ini untuk meninjau cara-cara yang paling tepat dalam merencanakan strategi dalam manajemen kelas. Untuk menjawab tujuan ini peneliti menggunakan metode kualitatif dan observasi kelas serta wawancara yang digunakan sebagai instrument dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada pembelajaran online dalam memanajemen kelas diperlukan seperangkat strategi yakni mengetahui cara berkomunikasi yang baik dengan mahasiswa dan memiliki program manajemen kelas yang efektif dalam mengelola kelas online. Hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi dosen khususnya dosen baru dalam mengelola kelas online agar meningkatkan kesempatan belajar bagi semua peserta didik.
Kata kunci: kelas; manajemen; online
Full Text:
PDFReferences
Agnuedella, S., & Agustyaningrum, N. (2021). Hubungan Antara Iklim Kelas dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. JURNAL PENA EDUKASI, 8(1), 7-14.
Ameli, A., Hasanah, U., Rahman, H., & Putra, A. M. (2020). Analisis keefektifan pembelajaran online di masa pandemi COVID-19. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 28-37.
Direktorat tenaga kependidikan, (2003) Pedoman pelaksanaan program instruktur bantu tahun 2003,Direktorat tenaga kependidikan; Dirjen Dikdasmen, Departemen Pendidikan Nasional
Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran online di tengah pandemi covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81-89.
Marsen, C., Fimala, Y., & Gistituati, N. (2021). Manajemen Kelas Virtual di Sekolah Dasar pada Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1600-1604.
Marzano, R. J. (2003). Classroom management that works. Alexandria, VA: Association forSupervision and Curriculum Development
Milliken, Kaytlynn, (2019). "The Implementation of Online Classroom Management Professional Development for Beginning Teachers" Digital Commons @ ACU, Electronic
Nugraha, M. (2018). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(01), 27-44.
Prisuna, B. F. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Daring Melalui Google Meet Pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian Kualitatif. JURNAL PENA EDUKASI, 8(1), 15-24.
Saifulloh, A. M & Darwis, M. (2020). Manajemen pembelajaran dalam meningkatkan efektifikas proses belajar mengajar di masa pandemic covid-19. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. 3(2). Diakses dari https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/bidayatuna/article/view/638
Saldaña, J., & Omasta, M. (2018). Qualitative research: Analyzing life. Thousand Oaks, CA :Sage
Sari, B. P., & Hadijah, H. S. (2017). Meningkatkan disiplin belajar siswa melalui manajemen kelas. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 2(2), 233-241.
Tarihoran, N. M., & Cendana, W. (2020). Upaya guru dalam adaptasi manajemen kelas untuk efektivitas pembelajaran daring. Jurnal Perseda: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(3), 134-140.
Telupun, D. (2020). Efektivitas penerapan model pembelajaran edutaiment untuk memotivasi peserta didik selama pembelajaran secara daring di masa pandemi covid-19. Jurnal Syntax Transformation. 1(6). Diakses dari http://jurnal.syntaxtransformation.co.id/index.php/jst/article/view/77
Wahyudi, C., Sirait, S., Rahmadani, E., & Sapta, A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Melalui Whatsapp Group Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. JURNAL PENA EDUKASI, 8(1), 1-6.
DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v6i1.2240
Refbacks
- There are currently no refbacks.