PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA SMKS-PP STABAT
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan penalaran matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, dengan desain penelitian pretest and postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMKS-Pertanian Pembangunan Putra Jaya Stabat, sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas. Sampel pada kelompok eksperimen berjumlah 35 orang, dan sampel pada kelompok kontrol juga berjumlah 35 orang. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan uji regresi sederhana. Rata-rata tes kemampuan penalaran matematika kelas ekperimen sebelum dan sesudah pembelajaran adalah 68,43 dan 76,43. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji-r, setelah dilakukan perhitungan diperoleh nilai kemampuan penalaran matematika siswa kelas eksperimen adalah 0,730 sedangkan nilai adalah 0,334. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan penalaran matematika siswa pada materi trigonometri kelas XI SMKS-Pertanian Pembangunan Putra Jaya Stabat Tahun Pelajaran 2016/2017.
Kata Kunci : Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), Kemampuan
Penalaran Matematika
Full Text:
PDFReferences
Nurdalilah. Syahputra, Edi. Armanto, Dian. Perbedaan Kemampuan Penalaran Matematika dan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Konvensional di SMA Negeri 1 Kualuh Selatan. Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA.
Permendiknas. Standar Isi Mata Pelajaran Matematika. Jakarta : 2006.
Shoimin, Aris. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.
Yogyakarta : Ar-ruzz. 2014.
Usdiyana, Dian. Purniati, Tia. Yulianti, Kartika. Harningsih, Eha. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Mate-matika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika. 2009.
Utami, Nita Putri. Mukhni. Jazwinarti. Kemampuan Penalaran Mate-matis Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Painan Melalui Penerapan Pembelajaran Think Pair Square. Jurnal Pendidikan Matematika. 2014.
Widjaya, Wanti. Design Realistic Mathematics Education Lesson. Makalah Seminar Nasional Pendidikan, Program Pasca-sarjana Universitas Sriwijaya, Palembang, 2010.
Widyasari, Nurbaiti. Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Disposisi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Metaphorical Thinking. Tesis. Universitas Pendidikan Indonesia. 2013
DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v2i2.217
Refbacks
- There are currently no refbacks.