MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan alat peraga materi bangun datar dan meningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan alat peraga materi bangun datar.Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 105306 Keriahan Tani Tanjung Anom Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 105306 Keriahan Tani berjumlah 21 orang, dan sebagai objek penelitian adalah penggunaan alat peraga dalam mata pelajaran matematika materi bangun datar pada siswa kelas III SD Negeri 105306 Keriahan Tani Tahun Pelajaran.
Dari hasil analisis data diperoleh hasil observasi pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru meningkat sebesar 12,6% dari 59,9% berkategori cukup menjadi 72,5% berkategori baik, aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 12% dari 60 berkategori cukup menjadi 72 berkategori baik. Ketuntasan individu mengalami peningkatan sebesar 23,81% dari 13 siswa (61,90%) meningkat menjadi 18 orang (85,71%), dan nilai rata-rata meningkat sebesar 16,158% dari 60,69% menjadi 76,85,%. Dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berkategori baik dan hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan alat peraga materi bangun datar di kelas III SD Negeri 105306 Keriahan Tani
Kata Kunci : Hasil Belajar, Alat Peraga.
Full Text:
PDFReferences
Amboro, Panji. 2013. Pengertian Tujuan dan Manfaat Alat Peraga.Diakses pada tanggal 23 Januari 2016 (8:38) dari https://panjiamboro.wordpress.com/2013/05/17 pengertian-tujuan-dan-manfaat-alat-peraga/
Aqib, Zainal, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV YramaWidya
Arikunto, Suharsim, dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: BumiAksara
Asep Jihad dan Abdul Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo
Daryanto. 2010. Belajar dan Mengajar. Bandung: Yrama Widya
Daryanto dan Muljo Rahardjo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media
Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Purwanto.2011. Evaluasi Hasi lBelajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ramayulis, H. 2015. Dasar-Dasar Kependidikan Suatu Penghantar Ilmu
Pendidikan. Jakarta: Kalam Mulia
Sagala, Syaiful. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Sahertian, Piet A. 2010. Konsep Dasar dan Teknis Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana. 2012. Metode Statistika. Bandung: Tarsito
Sundayana, H Rostina. 2014. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta
Suprijono, Agus. 2010. Cooverative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana
Tampubolon, Saur M. 2014. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidikan dan Keilmuan.Jakarta: Erlangga
Taufiq, Agus, dkk.2013. Pendidikan Anak di SD. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka
Trianto.2011.Mendesai Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana
Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003.
DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v2i2.210
Refbacks
- There are currently no refbacks.