MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Siti Rakiyah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan alat peraga materi bangun datar dan meningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan alat peraga materi bangun datar.Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 105306 Keriahan Tani Tanjung Anom Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 105306 Keriahan Tani berjumlah 21 orang, dan sebagai objek penelitian adalah penggunaan alat peraga dalam mata pelajaran matematika materi bangun datar pada siswa kelas III SD Negeri 105306 Keriahan Tani Tahun Pelajaran.

Dari hasil analisis data diperoleh hasil observasi pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru meningkat sebesar 12,6% dari 59,9% berkategori cukup menjadi 72,5% berkategori baik, aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 12% dari 60 berkategori cukup menjadi 72 berkategori baik. Ketuntasan individu mengalami peningkatan sebesar 23,81% dari 13 siswa (61,90%) meningkat menjadi 18 orang (85,71%), dan nilai rata-rata meningkat sebesar 16,158% dari 60,69% menjadi 76,85,%. Dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berkategori baik dan hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan alat peraga materi bangun datar di kelas III SD Negeri 105306 Keriahan Tani

 

Kata Kunci : Hasil Belajar, Alat Peraga.

 

 

 


Full Text:

PDF

References


Amboro, Panji. 2013. Pengertian Tujuan dan Manfaat Alat Peraga.Diakses pada tanggal 23 Januari 2016 (8:38) dari https://panjiamboro.wordpress.com/2013/05/17 pengertian-tujuan-dan-manfaat-alat-peraga/

Aqib, Zainal, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV YramaWidya

Arikunto, Suharsim, dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: BumiAksara

Asep Jihad dan Abdul Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo

Daryanto. 2010. Belajar dan Mengajar. Bandung: Yrama Widya

Daryanto dan Muljo Rahardjo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Purwanto.2011. Evaluasi Hasi lBelajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Ramayulis, H. 2015. Dasar-Dasar Kependidikan Suatu Penghantar Ilmu

Pendidikan. Jakarta: Kalam Mulia

Sagala, Syaiful. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Sahertian, Piet A. 2010. Konsep Dasar dan Teknis Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana. 2012. Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Sundayana, H Rostina. 2014. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta

Suprijono, Agus. 2010. Cooverative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana

Tampubolon, Saur M. 2014. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidikan dan Keilmuan.Jakarta: Erlangga

Taufiq, Agus, dkk.2013. Pendidikan Anak di SD. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka

Trianto.2011.Mendesai Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003.




DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v2i2.210

Refbacks

  • There are currently no refbacks.