PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan penalaran matematika siswa. Penelitian ini dilakukan di MTs Al-Munawwarah Binjai Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis Penelitian adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian Pretest Posttest Control Group Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen dan VII-3 sebagai kelas kontrol yang ditentukan melalui teknik Simple Random Sampling. Subjek dari penelitian ini adalah 66 siswa terdiri dari siswa kelas eksperimen sebanyak 34 siswa dan siswa kelas kontrol sebanyak 32 siswa.
Berdasarkan hasil penelitian mengungkapkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) sangat berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematika siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata posttests hasil tes kemampuan penalaran matematika siswa yang telah diajarkan dengan model pembelajaran CTL adalah sebesar 61,844 dan nilai rata-rata posttests yang telah diajarkan dengan model pembelajaran konvensional dengan metode ekspositori adalah 61,187 sehingga didapatkan bahwa model pembelajaran (CTL) memiliki pengaruh sebesar 70,56 %. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematika siswa.
Kata kunci : Model Contextual Teaching and Learning (CTL). Kemampuan Penalaran Matematika
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta. 2013
---------------------------. Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikaan. Jakarta: Rineka Cipta. 2013
Aulia, Luki. “Soal Kategori Sulit Nilai UN Turun”. KOMPAS, http://print.kompas.com/baca/2015/06/12/Soal-Kategori-Sulit-Ditambah%2c-Nilai-UN-Turun. 12 Juni 2015
Depdiknas. Peraturan Menteri Pen-didikan Nasional Republik Indonesia tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Depdiknas: Jakarta. 2006.
Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika. Yogyakarta. 2008
Johnson, B.E. Contextual Teaching and Learning. Diterjemakan oleh Ibnu
Setiawan. Bandung : Kaifa. 2011.
Kontes Literasi Matematika (KLM). Pendidikan Matematika Rea-listik Indonesia. 2011
Mullis, et al. TIMSS 2011 Assessment Frameworks. Amsterdam, the Netherlands: the International Association for the Evaluation of Educational Achievement (IEA). 2011.
Novia Prastika, dkk. Pengaruh Pendekatan Kontekstual (CTL) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Didaktik Matematika. 2013. Hlm 1-11
OECD, PISA 2012 Result:What Students Know And Can Do-Student Performance In Mathe-matics,Reading, And Science (Volume I). 2014
Sanjaya, W. Strategi Pembelajaran Beorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta : Kencana Prenada Media. 2009.
Sariningsih, Ratna. Pendekatan Konntekstual Untuk Me-ningkatan Kemampuan Pe-mahaman Matematis Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika. Vol 3, No.2. 2014. Hlm 150-163
Sudjana. Metode Statistika Edisi ke 6. Bandung : Tarsito. 2012.
Trianto. Mendesain Model Pem-belajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : Kencana. 2010.
Tohap, Andry. Meningkatkan Kemampuan Penalaran Mate-matika dan Sikap Siswa terhadap Matematika melalui Penggunaan Model Pem-belajaran Berbasis pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di SMP Se-Kabupaten Pakpak Bharat. Tesis. Tidak diterbitkan. Pascasarjana UNIMED, Medan. 2012
United Nations Developmennt Programme (UNDP). Human Development Report. 2015.
DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v2i2.209
Refbacks
- There are currently no refbacks.