PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA

Mardiati Mardiati, Fahrum Nisa Rani

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan penalaran matematika siswa. Penelitian ini dilakukan di MTs Al-Munawwarah Binjai Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis Penelitian adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian Pretest Posttest Control Group Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen dan VII-3 sebagai kelas kontrol yang ditentukan melalui teknik Simple Random Sampling. Subjek dari penelitian ini adalah 66 siswa terdiri dari siswa kelas eksperimen sebanyak 34 siswa dan siswa kelas kontrol sebanyak 32 siswa.

Berdasarkan hasil penelitian mengungkapkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) sangat berpengaruh  terhadap kemampuan penalaran matematika siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata posttests hasil tes kemampuan penalaran matematika siswa yang telah diajarkan dengan model pembelajaran CTL adalah sebesar 61,844 dan nilai rata-rata posttests yang telah diajarkan dengan model pembelajaran konvensional dengan metode ekspositori adalah 61,187 sehingga didapatkan bahwa model pembelajaran (CTL) memiliki pengaruh sebesar 70,56 %. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematika siswa.

 

Kata kunci      : Model Contextual Teaching and Learning (CTL). Kemampuan Penalaran Matematika


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta. 2013

---------------------------. Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikaan. Jakarta: Rineka Cipta. 2013

Aulia, Luki. “Soal Kategori Sulit Nilai UN Turun”. KOMPAS, http://print.kompas.com/baca/2015/06/12/Soal-Kategori-Sulit-Ditambah%2c-Nilai-UN-Turun. 12 Juni 2015

Depdiknas. Peraturan Menteri Pen-didikan Nasional Republik Indonesia tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Depdiknas: Jakarta. 2006.

Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika. Yogyakarta. 2008

Johnson, B.E. Contextual Teaching and Learning. Diterjemakan oleh Ibnu

Setiawan. Bandung : Kaifa. 2011.

Kontes Literasi Matematika (KLM). Pendidikan Matematika Rea-listik Indonesia. 2011

Mullis, et al. TIMSS 2011 Assessment Frameworks. Amsterdam, the Netherlands: the International Association for the Evaluation of Educational Achievement (IEA). 2011.

Novia Prastika, dkk. Pengaruh Pendekatan Kontekstual (CTL) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Didaktik Matematika. 2013. Hlm 1-11

OECD, PISA 2012 Result:What Students Know And Can Do-Student Performance In Mathe-matics,Reading, And Science (Volume I). 2014

Sanjaya, W. Strategi Pembelajaran Beorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta : Kencana Prenada Media. 2009.

Sariningsih, Ratna. Pendekatan Konntekstual Untuk Me-ningkatan Kemampuan Pe-mahaman Matematis Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika. Vol 3, No.2. 2014. Hlm 150-163

Sudjana. Metode Statistika Edisi ke 6. Bandung : Tarsito. 2012.

Trianto. Mendesain Model Pem-belajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : Kencana. 2010.

Tohap, Andry. Meningkatkan Kemampuan Penalaran Mate-matika dan Sikap Siswa terhadap Matematika melalui Penggunaan Model Pem-belajaran Berbasis pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di SMP Se-Kabupaten Pakpak Bharat. Tesis. Tidak diterbitkan. Pascasarjana UNIMED, Medan. 2012

United Nations Developmennt Programme (UNDP). Human Development Report. 2015.




DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v2i2.209

Refbacks

  • There are currently no refbacks.