PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dengan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa antara siswa yang diajar pembelajaran berbasis masalah dan siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Pendekatan pembelajaran berbasis masalah lebih baik dari pembelajaran konvensional dalam hal meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
Kata kunci : Pembelajaran berbasis masalah, Pemecahan Masalah
Full Text:
PDFReferences
Arends, RI. 2008. Learning to Teach. Yogyakarta: PustakaPelajar
NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. USA : NCTM
Sinaga, B. 2008. Pengembangan Model PembelajaranMatematikaBerdasarkanMasalahBerbasisBudayaBatak (PBM-B3). LaporanHasilPenelitian (HibahBersaing). Medan: UNIMED, Agustus 2008.
Sumarmo, U. 2010. Berfikir dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada PesertaDidik. Bandung: FPMIPA UPI.
Wardhani, S. (2008). Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs untuk Optimalisasi Tujuan Mata Pelajaran Matematika. Yogyakarta : PPPPTK Matematika
DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v2i2.208
Refbacks
- There are currently no refbacks.