UPAYA MENINGKATKAN KOMUNIKASI SISWA MELALUI METODE LATIHAN (DRILL)PADA MATERI PERKALIAN

Hasni Suciawati

Abstract


Penelitian ini dilakukan karena banyak siswa yang mengalami kesulitan mengingat dan memahami perkalian mempengaruhi hasil belajar matematika siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka dilakukan perbaikan pembelajaran melalui metode pelatihan yang bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas MIS Alkhairat Delitua. Penelitian ini dilakukan di sekolah dasar MIS Alkhairat yang menjadi subyek siswa kelas empat yang berjumlah 30 siswa, sekaligus menjadi objeknya adalah untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran melalui Metode Latihan Multiplikasi Material di MIS Alkhairat keempat. Jenis penelitian ini adalah Classroom Action Research (CAR). Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar uji dan observasi yang telah divalidasi oleh valodator. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus dan setiap siklus dilakukan selama 2 jam pelajaran. Dari hasil yang diperoleh rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I dan II masing-masing sebesar 61,67 dan 75,67. Implementasi pembelajaran diukur melalui kegiatan lembar observasi guru dan aktivitas siswa dan masing-masing mencakup kedua kategori tersebut. Dapat dikatakan bahwa pelaksanaan pembelajaran berjalan dengan baik dan melalui metode pelatihan meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi perkalian matematika di kels IV MIS Alkhairat Delitua .
Kata kunci: Hasil Belajar,  Metode Pelatihan


Full Text:

PDF

References


Andi Hakim Nasution .2014/09/23.00 WIB. http://eprints.uny.ac.id

Aqib, Zainal, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas, Yrama Widya: Bandung

Arikunto,Suharsimi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara: Jakarta

Asep Jihad & Abdul Haris. 2013. Evaluasi Pembelajaran, Multi Presindo

Djamarah dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta Jakarta

Ekawarna. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Referensi (GP Press Group)

Istarani. 2012. Kumpulan 39 Metode Pembelajaran. Iscom Medan.

Hamalik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara: Jakarta

Hudojo,Herman. 2006. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Universitas Negeri Malang.Belajar: Yogyakarta

Piet A. Sahertian. 2010. Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia.PT. Rineka Cipta.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyajakarta: Pustaka Belajar

Sagala, Syaiful. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta CV




DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v2i2.207

Refbacks

  • There are currently no refbacks.