PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

Oktaviana Nirmala Purba

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah peningkatan kemampuan komunikasi matematik antara siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada kemampuan komunikasi matematik siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran biasa, (2) apakah terdapat interaksi yang signifikan antara kemampuan awal siswa dan pembelajaran terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa. Populasi dalam penelitian seluruh siswa kelas X-IA SMA Asy-Syafi′iyah Internasional Medan yang berjumlah 250 siswa, dengan mengambil sampel dua kelas  berjumlah 62 siswa melalui teknik purpose sampling. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan komunikasi matematik dengan materi Peluang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil perhitungan menggunakan Anava dua jalur yaitu  116,456, sedangkan nilai sig. 0,00 < 0,05 artinya peningkatan kemampuan komunikasi matematik antara siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada kemampuan komunikasi matematik siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran biasa, (2) hasil perhitungan anava dua jalur yaitu  0,775 dengan nilai sig. 0,446 > 0,05  artinya tidak terdapat interaksi antara kemampuan awal siswa dan pembelajaran terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa.

 

Kata kunci :    komunikasi matematik siswa, pembelajaran berbasis masalah


Full Text:

PDF

References


Ansari, B. I. 2012. Komunikasi Matematik dan Politik Suatu Perbandingan: Konsep dan Aplikasi. Banda Aceh: PeNA.

Arends, R. 2008. Learning To Teach. Belajar Untuk Mengajar. Yogyakarta: PustakaBelajar.

Budiningsih, C. Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Chorida, D.T. 2013. Peran Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Berpikir Kreatif Serta Disposisi Matematis Siswa SMA. Infinity, Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STIKIP Siliwangi Bandung, 2(2): 194-202.

Fachrurozi. 2011. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Edisi khusus No. 1, Agustus 2011. Edisi Khusus No.1: 76-89.

Jazuli, A. 2009. Berpikir Kreatif Dalam kemampuan Komunikasi Matematika. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. Yogyakarta, 5 Desember 2009.

Rusman, 2010. Model-model Pembelajaran. Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Shadiq, F. 2004. Penalaran, Pemecahan Masalah dan Komunikasi. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Dasar Dan Menengah PPPG Matematika. Jogjakarta: Widyaiswara PPPG Matematika.

Sugandi, A.I., & Sumarmo, U. 2010. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Setting Kooperatif Jigsaw Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Serta Kemandirian Belajar Siswa SMA. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, FMIPA UNY, Yogyakarta, 27 November.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Talajan, G. 2012. Menumbuhkan Kreativitas dan Prestasi Guru. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo

Teddlie, C. & Yu, F. 2007. Mixed Methods Sampling A Typology With Examples. Journal of Mixed Metohod's Research, 1(1): 77-100.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Uno, H. B. 2008. Perencanan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Van De Walle, J.A. 2006. Matematika Sekolah Dasar dan Menengah. Terjemahan oleh Suyono. 2008. Jakarta: Penerbit Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v1i1.202

Refbacks

  • There are currently no refbacks.