PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STOP THINK DO UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA
Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model stop think do dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan mengetahui apakah peningkatan motivasi belajar mempengaruhi hasil belajar siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP N 1 Silau Laut Tahun Ajaran 2011/2012. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII1. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket motivasi, tes dan observasi 20 pertanyaan disertai alternatif jawaban. Berdasarkan hasil analisis data rata-rata motivasi belajar siswa sebelum dilakukan model Stop Think Do rendah yaitu 59,12%. Setelah model Stop Think Do diberikan rata-rata tingkat motivasi belajar siswa tinggi yaitu 82,92%. Berdasarkan hasil analisis data rata-rata hasil belajar siswa sebelum dilakukan Stop Think Do rendah, yaitu hanya 50,10 %. Setelah model Stop Think Do diberikan rata-rata hasil belajar siswa yaitu 86,85%. Dapat disimpulkan bahwa peningkatan motivasi belajar mempengaruhi hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis hasil observasi aktivitas guru diperoleh bahwa proses pelaksanaan pembelajaran yang dlakukan mencapai 85,5%. Ini menunjukkan bahwa perhitungan rata-rata untuk aspek observasi aktivitas mengajar guru pada pembelajaran berjalan dengan baik.
Kata kunci: stop think do, motivasi belajar
Full Text:
PDFReferences
Abdurahman, M. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, S. 2003. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Cholik, M. 2005. Pelajaran Matematika Untuk Sekolah Menengah Pertama kelas VIII. Jakarta: Erlangga.
Djamarah, B.S. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, S. B. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati & Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Riduwan. 2006. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabet.
Sardiman. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor – Faktor Yang Mempenga-ruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Soejadi, R. 2002. Kiat Pendidikan Matematika Di Indonesia, Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Depar-temen Pendidikan Nasional
Sudjana, N. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
.
DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v1i1.157
Refbacks
- There are currently no refbacks.