UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL BUZZ
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model Buzz Group dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa dan dapat meningkatkan kemampuan belajar matematika siswa. Subjek penelitiannya siswa XI-AK yang berjumlah 33 siswa. Nilai rata-rata hasil observasi keaktifan siswa siklus I, II, dan II sebesar 1.7, 2.7, dan 3.8. Ketuntasan belajar tes awal sebesar 15.15%. Setelah dilakukan pembelajaran dengan model Buzz Group, terjadi peningkatan pada tes kemampuan belajar siswa siklus I, II dan II sebesar 24.24%, 36.36%, dan 96.97%. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Buzz Group materi Barisan dan Deret Geometri dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan belajar matematika siswa.
Kata kunci: keaktifan belajar, kemampuan belajar, model buzz group
Full Text:
PDFReferences
Natawijaya, R. 2005. Aktivitas Belajar. Jakarta: Depdiknas
Sardiman, A.S. 2001. Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Sudjana. 2001. Metode & Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Production
Uno, H. B. 2012. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara
DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v1i1.149
Refbacks
- There are currently no refbacks.