PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

Sri Astuti, Suwarno Ariswoyo, Madyunus Salayan

Abstract


Abstract

The purpose of this study is to describe the development (validity) of learning tools developed using a problem solving approach to straight line equation material in class VII MTs Ar-Rasyid Kisaran 2018/2019 academic year. The subjects in this study were all students of MTs Ar-Rasyid Kisaran consisting of two classes, namely VIII A and VIII B, each of 30 students. The data collection techniques were expert validation questionnaires, problem solving tests and teacher/student response questionnaires and data analysis techniques using descriptive testing. The results of the study were: (1) the evaluation of the development expert validator (validity) of the learning tools developed using a problem solving approach to the straight line equations material worthy of use without revision; (2) there is an increase in students' mathematical problem solving abilities by using learning tools developed in a problem solving approach; (3) the learning tools developed using a problem solving approach to straight line equation material in class VII MTs ar-Rasyid Kisaran 2018/2019 academic year are effectively used in the learning process.

Keywords: Teaching Materials, Problem Solving, Problem Solving

 

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengembangan (validitas) perangkat pembelajaran yang dikembangkan menggunakan pendekatan problem solving pada materi persamaan garis lurus di kelas VII MTs Ar-Rasyid Kisaran Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik MTs Ar-Rasyid Kisaran  yang terdiri dari dua kelas yaitu VIII A dan VIII B masing-masing sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data adalah angket validasi ahli, tes uji pemecahan masalah dan angket respon guru/peserta didik dan teknik analisa data dengan pengujian deskriptif. Hasil penelitian diperoleh: (1) penilaian validator ahli pengembangan (validitas) perangkat pembelajaran yang dikembangkan menggunakan pendekatan problem solving pada materi persamaan garis lurus layak digunakan tanpa ada revisi; (2) terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan pada pendekatan problem solving; (3) perangkat pembelajaran yang dikembangkan menggunakan pendekatan problem solving pada materi persamaan garis lurus di kelas VII MTs ar-Rasyid Kisaran Tahun Pelajaran 2018/2019 efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata kunci: Bahan Ajar, Problem Solving, Pemecahan Masalah


Full Text:

PDF

References


Busyairi, A., & Sinaga, P. (2015). Strategi pembelajaran creative problem solving (CPS) berbasis eksperimen untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan keterampilan berpikir kreatif. Jurnal pengajaran MIPA, 20(2), 133-143.

Jumaisyaroh, T., Napitupulu, E. E., & Hasratuddin, H. (2015). Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan kemandirian belajar siswa smp melalui pembelajaran berbasis masalah. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(2), 157-169.

Nasution, A. (2018). Pengembangan modul matematika berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

Nurhayati, E. (2016). Penerapan scaffolding untuk pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 2(2), 107-112.

Turrizkiyah, R., & Utomo, R. B. (2017). Penerapan Metode Problem Solving dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Aljabar Pada Siswa Kelas VII MTS Daarul Muttaqien. AlphaMath: Journal of Mathematics Education, 2(2).




DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v5i1.1404

Refbacks

  • There are currently no refbacks.