STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Rani Febriyanni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran kooperaif tipe NHT (Numbered Head Together) pada materi ajar Prisma dan Limas dikelas VIII Pondok Pesantren As-Salam Serapuh Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Objek penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran kooperaif tipe NHT (Numbered Head Together) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi ajar Prisma dan Limas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII Pondok Pesantren As-Salam Serapuh  Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 32 orang siswa.

Berdasarkan tes hasil belajar I, diperoleh nilai rata-rata kelas 67,81% dengan 14 siswa (43,75%) mencapai ketuntasan belajar dan 18 siswa (56,25%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan melihat persentase klasikal belum mencapai > 85% maka siklus I belum mencapai ketuntasan secara klasikal. Untuk memperbaiki pelaksanaan siklus I dilaksanakan tindakan siklus II. Pada tes hasil belajar II nilai rata-rata siswa 77,81% dengan 28 siswa (87,5%) mencapai ketuntasan belajar sedangkan 4 siswa (12,5%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan melihat persentase klasikal telah mencapai > 85% maka kelas ini dapat dinyatakan tuntas secara klasikal.

Berdasarkan analisis uji t pada tes hasil belajar I (= 67,81) dan tes hasil belajar II (= 77,81) diperoleh , terlihat adanya perbedaan nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada siklus I dan siklus II atau terjadi peningkatan nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 10. Melalui strategi pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Kooperaif Tipe NHT (Numbered Head Together) dan Hasil Belajar Siswa


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v5i1.1348

Refbacks

  • There are currently no refbacks.