PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING DENGAN DAN TANPA DISKUSI KELOMPOK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada pembelajaran operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan yang menerapkan metode penemuan terbimbing melalui diskusi kelompok dengan metode penemuan terbimbing tanpa diskusi kelompok. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan disain yang digunakan adalah Randomized Control Group Pre Tes – Pos Tes Design. Lokasi penelitian ini adalah SMP Negeri 1Meranti. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas, kelas eksperimen ( VII – 4 ) yaitu kelas yang diberi perlakuan penemuan terbimbing melalui diskusi kelompok, kelas kontrol ( VII – 5 ) yaitu kelas yang menerapkan metode penemuan terbimbing tanpa diskusi kelompok. Dengan menggunakan uji statistik – t pada taraf signifikan ( α = 0,05 ) dalam pembuktian hipotesis diperoleh t Hitung= 4,675 dan t Tabel = 2,046. Ini menunjukkan bahwa harga t perhitungan berada dalam daerah penolakan Ho dan menerima Ha yang menyatakan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa antara pengajaran yang menerapkan metode penemuan terbimbing melalui diskusi kelompok dengan metode penemuan terbimbingtanpa diskusi kelompok pada operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan di kelas VII SMP Negeri 1 Meranti.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto. Suharsini. 2005. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Azhar. 1993. Proses Belajar Mengajar Pola CBSA. Surabaya : Usaha Nasional
Ruseffendi E.T. 1980. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembengkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung : Tarsito
Sudjana, Nana. 2006. Peneilaian Proses Hasil Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosda Karya.
Sukmawati, 2012. Evaluasi Proses Dan Hasil Pembelajaran Matematika
DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v2i1.125
Refbacks
- There are currently no refbacks.