PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE HANDS ON ACTIVITY TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI TERTULIS SISWA

Radiusman Radiusman, Asri Fauzi, Muhammad Erfan, Ni Komang Restini, Maslina Simajuntak

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Hands on Activity terhadap kemampuan komunikasi tertulis siswa kelas V SDN 34 Cakranegara pada materi pecahan.  Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dan desain ini adalah one group pretest-posttest design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD 34 Cakranegara. Sampel pada penelitian ini adalah kesuluruhan populasi yang dipilih secara purposive random sampling. Berdasarkan hasil tes kemampuan komunikasi matematis diperoleh rata-rata nilai pretest sebesar 49, 36 dan nilai posttest diperoleh rata-rata nilai 65, 62. Hasil Uji t diperoleh  (dengan taraf signifikansi 0,05 dengan df 23) yaitu 3,872 > 2,056 maka  ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Hands on Activity  terhadap kemampuan komunikasi tertulis siswa pada materi pecahan di kelas V SDN 34 Cakranegara. 

 


Full Text:

PDF

References


Cai, J., Jakabcsin, M. S., & Lane, S. (1996). Assessing Students’s Mathematical Communication. School Scince and Mathematics, 96(5), 238–246.

Charlesworth, R. (2005). Prekindergarten mathematics: Connecting with national standards. Early Childhood Education Journal, 32(4), 229–236. https://doi.org/10.1007/s10643-004-1423-7

Gusteti, M. U., Sefrinal, S., & Syafti, O. (2018). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual dengan Teknik Hands on Mathematics Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas IX MTS Darusalam Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Daerah, 3(2), 217–225.

Hiebert, J. (1992). Reflection and Communication: Cognitive Considerations in School Mathematics Reform. International Journal of Educational Research, 17(5), 439–456. https://doi.org/10.1016/S0883-0355(05)80004-7

Holstermann, N., Grube, D., & Bögeholz, S. (2010). Hands-on Activities and Their Influence on Students’ Interest. Research in Science Education, 40(5), 743–757. https://doi.org/10.1007/s11165-009-9142-0

Maelasari, E., & Wahyudin. (2017). Effects of Cooperative Learning STAD on Mathematical Communication Ability of Elementary School Student. Journal of Physics: Conference Series, 895(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012090

NCTM. (2000). Principles Standards and for School Mathematics. reston: VA: National Council of Teachers of Mathematics.

Putra, F. G. (2017). Eksperimentasi Pendekatan Kontekstual Berbantuan Hands On Activity (HoA) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 73. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i1.1148

Radiusman, Noornia, A., & Ambarwati, L. (2019). Improving Written Communication Skills and Mathematical Disposition of Tenth Grade IPS 4 Students by Using Think-Talk- Write ( TTW ) Learning Strategy at SMAN 50 Jakarta. Jurnal Pendidikan Indonesia, 8(1), 133–140. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v8i1.14990

Walan, S. (2017). Teaching children science through storytelling combined with hands-on activities–a successful instructional strategy? Education 3-13, 47(1), 34–46. https://doi.org/10.1080/03004279.2017.1386228

Yulian, V. N. (2018). Developing Teaching Materials Using Comic Media to Enhance Students’ Mathematical Communication. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 335(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/335/1/012110




DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v4i2.1108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.