ANALISIS KESALAHAN SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL ARITMATIKA SOSIAL BERDASARKAN TEORI NEWMAN

Lisda - Kurnia, Devi Nurul Yuspriyati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial berdasarka teori Newman serta faktor penyebab terjadinya kesalahan tersebut. Subjek pada penelitian ini yaitu 33 orang siswa kelas VIII B SMP Negeri 9 Cimahi. Teknik pengumpulan data pada penelitian yaitu hasil tes dan wawancara siswa. Hasil tes tersebut kemudian dianalisis dengan teori Newman. Hasil penelitian ini mendapatkan kesimpulan bahwa siswa melakukan kesalahan dari kelima tipe Newman yaitu (1) kesalahan membaca sebanyak , hal tersebut disebabkan karena siswa tidak membaca keseluruhan soal, (2) kesalahan memahami sebanyak , kesalahan tersebut terjadi karena siswa tidak menuliskan informasi yang terdapat pada soal dan apa yang ditanyakan serta siswa tidak memahami soal yang diberikan, (3) kesalahan transformasi sebanyak , penyebab kesalahan ini terjadi karena siswa salah memilih operasi yang digunakan, (4) kesalahan keterampilan proses sebanyak , kesalahan ini timbul karena siswa kebingungan dalam menentukan rumus lanjutan untuk menentukan, (5) kesalahan penulisan jawaban akhir sebanyak  dan merupakan kesalahan paling tinggi, kesalahan tersebut terjadi karena siswa tidak menuliskan kesimpulan atau jawaban akhir.

Full Text:

PDF

References


N. Fitriani, “Hubungan Antara Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Self Confidence Siswa SMP yang Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik,” Euclid, vol. 2, no. 2, 2015.

N. Munawaroh, E. E. Rohaeti, and U. Aripin, “Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Kategori Kesalahan Menurut Watson dalam Menyelesaikan Soal Komunikasi Matematis Siwa SMP,” JPMI (Jurnal Pembelajaran Mat. Inov., vol. 1, no. 5, pp. 993–1004, 2018.

A. Z. Widyaningrum, “Analisis Kesulitan Siswa dalam Mengerjakan Soal Cerita Matematika Materi Aritmatika Sosial Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Metro Tahun Pelajaran 2015/2016,” J. Iqra’ Kaji. Ilmu Pendidik., vol. 1, no. 2, pp. 165–190, 2016.

P. L. Susilowati and N. Ratu, “Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Tahapan Newman Dan Scaffolding Pada Materi Aritmatika Sosial,” Mosharafa J. Pendidik. Mat., vol. 7, no. 1, pp. 13–24, 2018.

M. Mulyani and D. Muhtadi, “Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Tipe Higher Order Thinking Skill Ditinjau dari Gender,” JPPM (Jurnal Penelit. dan Pembelajaran Mat., vol. 12, no. 1, pp. 1–16, 2019.

N. E. Arumiseh, A. Hartoyo, and B. Bistari, “Analisis Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Aritmatika Sosial Berdasarkan Newman’s Error Analysis di SMP,” J. Pendidik. dan Pembelajaran Khatulistiwa, vol. 8, no. 9, 2019.

D. Oktaviana, “Analisis tipe kesalahan berdasarkan teori newman dalam menyelesaikan soal cerita pada mata kuliah matematika diskrit,” Edu Sains J. Pendidik. Sains dan Mat., vol. 5, no. 2, pp. 22–32, 2017.

M. Rismawati and M. Asnayani, “Analisis Kesalahan Konsep Siswa Kelas IV dalam Menyelesaikan Soal Ulangan Matematika dengan Metode Newman,” J-PiMat J. Pendidik. Mat., vol. 1, no. 2, pp. 69–78, 2019.

K. I. Mu’minah and M. Waluyo, “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Pokok Bahasan Aritmatika Sosial Kelas VII SMP.” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2018.

F. A. Halim and N. I. Rasidah, “Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aritmatika Sosial Berdasarkan Prosedur Newman,” GAUSS J. Pendidik. Mat., vol. 2, no. 1, pp. 35–44, 2019




DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v4i2.1084

Refbacks

  • There are currently no refbacks.