PENGARUH MODEL DEMONSTRASI TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA DI DEPAN UMUM

Harun Harun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  Pengaruh Model Demonstrasi terhadap Keterampilan Berbicara di Depan Umum Siswa Kelas X IPA SMA Swasta Daerah Air Joman Tahun Ajaran 2018/ 2019. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Swasta Daerah Air Joman Tahun Ajaran  2018/2019 yang berjumlah 96 siswa.Sampel dari penelitian ini kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 65 orang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen.  Teknik analisis data berupa tes kemampuan lisan atau aspek berbicara di depan umum. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan ditemukan bahwa nilai pre-test untuk kelas kontrol yakni nilai tertinggi 80, nilai terendah 50, dan nilai rata-rata 56.56.Sementara nilai pre-test kelas eksperimen yakni nilai tertinggi 85, nilai terendah 55, dan nilai rata-rata 60.90.Nilai post-test pada kelas kontrol yakni nilai tertinggi 85, nilai terendah 55, dan nilai rata-rata 69.06.Sedangkan nilai post-test kelas eksperimen yakni nilai tertinggi 95, nilai terendah 65, dan nilai rata-rata 76.36. Berdasarkan hasil perhitungan toyakni menunjukkan bahwa nilai thitung= 39.8 lebih besar dari pada nilai ttabelbaik pada taraf signifikansi  5%= 2.00 maupun taraf signifikansi 1%= 2.65. Maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha).

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Guntur Tarigan, Henry. 2008. Berbicara sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Iskandarwassid. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Marahimin, Ismail. 2014. Menulis Secara Populer. Jakarta: Dunia Pustaka Jaya.

Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Tarigan, HenryGuntur.2008.Berbicara sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tukan, Paulus. 2006. MahirBerbahasa Indonesia. Jakarta: Yudhistira.

Yustinah. 2008. Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Soedarso. 2000. Sistem membaca cepat dan efektip. Jakarta: Gramedia.

Badudu, J.S: 1975. Kamus Ungkapan Bahasa Indonesia. Bandung Pustaka Prima.

Tarigan, Henry Guntur 1980a: Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa Bandung: FKSS – IKIP.

Tarigan, Henry Guntur 1980b: Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa Bandung: FKSS – IKIP.




DOI: https://doi.org/10.36294/jkb.v6i2.650

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Analytics

View My Stats

Indexed by:

      

 

Supervisied-by:

This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License