PENGARUH MODEL CTL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SYAIR LAGU BERMAJAS SATIRE
Abstract
Tujuan pe. nelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dalam penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Menganalisis Syair Lagu Bermajas Satire “Untuk Kita Renungkan” Karya Ebiet G Ade oleh Siswa Kelas X SMA Swasta YAPENAS Petatal Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian pendekatan pembelajaran kontekstual. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA. Sampel penelitian ada 2 kelas (kelas X IPA-1 dan X IPA-2) yang diambil secara cluster random. Pada kelas X IPA-1 sebagai kelas eksperimen menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dan pada kelas X IPA-2 sebagai kelas kontrol tanpa menggunakan model pembelajaran. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 77,8 dan kelas kontrol 72,5. Hasil uji “t” diperoleh thitung = 2,01 > ttabel = 2,00 maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh ada pengaruh terhadap hasil belajar siswa menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi menganalisis syair lagu bermajas satire Oleh siswa kelas X SMA Swasta YAPENAS Petatal.
Full Text:
PDFReferences
Anonim. 2004. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat. Jakarta: Balai Pustaka.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Keraf, Gorys. 2005. Majas dan Pembentukannya. Yogyakarta: Gadjah mada University Press.
Muldofir, A. 2016. Desain Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sadirman, A.M. 2010. Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning). Jakarta: Logaritma.
Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembeajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sumiati dan Asra. 2016. Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.
Sudijono, Anas. 2014. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif–Progresif. Jakarta: Kencana.
DOI: https://doi.org/10.36294/jkb.v6i2.648
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: