Analisis kesalahan tataran fonologi pada karangan narasi siswa kelas 4 SDN 1 Ketilengsingolelo

Anggita Mega Satria, Emilia Ulfa, Nida Khusnun Nabila, Rani Setiawaty

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan fonologi dan mengetahui hasil analisis bentuk kesalahan berbahasa dalam tataran fonologi pada teks narasi yang ditulis oleh siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan berasal dari karangan teks narasi siswa kelas IV SD dengan Teknik pengumpulan data yakni observasi dikelas IV SDN 1 Ketilengsingolelo yang kemudian menggunakan dokumentasi pengumpulan hasil karangan teks narasi siswa sebagai Teknik dasar analisis datanya.  Dapat disimpulkan hasil analisis penulisan laporan hasil observasi siswa kelas IV SDN 1 Ketilengsingolelo menunjukkan bahwa banyak kesalahan berbahasa. Salah satu penyebab kesalahan berbahasa adalah siswa tidak memperhatikan kaidah kebahasaan dan sering menyingkat kata yang tidak sesuai dengan kaidah. Selain itu, bahasa ibu dan bahasa kedua siswa berpengaruh, serta lingkungan formal dan informal juga dapat memengaruhi pemahaman siswa terhadap kosakata baku.

References


Andriyana, A. (2020). Analisis Gangguan Fonologi Dan Variasi Pelafalan Fonem /R/ Pada Penderita Cadel. Fon : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 16(2), 57. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v16i2.2700

Astuti, S. P., Sobari, T., Aeni, E. S., & Siliwangi, I. (2020). Analisis kesalahan berbahasa tataran fonologi dan morfologi pada penulisan teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP PGRI 4 CIMAHI. CIMAHI|, 21.

Chaer, A. (2020). Fonologi Bahasa Indonesia (Indonesian Phonology). In Rineka Cipta, Jakarta (Issue 1).

Mardiyani Yunita, R., Sari Ramdhani, I., Enawar, E., & Sumiyani, S. (2021). Analisis Kesalahan Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Kelas V Min 1 Tangerang. Berajah Journal, 2(1), 39–43. https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.47

Maulina, Y. (2018). Penggunaan Konjungsi dalam Wacana Pembelajaran Literasi The Using of Conjunction in Discourse of Literacy Learning. Kemdikbud, 1(1), 1–12.

Nafisah, S. (2017). Proses Fonologis Dan Pengkaidahannya. Deiksis, 09(01), 70–78. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Deiksis/article/download/940/1058

Putradi, A. W. A. (2016). Pola-Pola Perubahan Fonem Vokal Dan Konsonan Dalam Penyerapan Kata-Kata Bahasa Asing Ke Dalam Bahasa Indonesia: Kajian Fonologi. Jurnal Arbitrer, 3(2), 95. https://doi.org/10.25077/ar.3.2.95-112.2016

Salahuddin. (2022). Analisis kesalahan pengucapan kosakata bahasa Indonesia oleh pemelajar BIPA tingkat dasar di INCULS UGM. Jurnal Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (JBIPA).Yogyakarta. 4(1), 82–98.

Suhartika, D., & Indihadi, D. (2021). Analisis Keterampilan Menulis Teks Narasi Peserta Didik di Kelas V Sekolah Dasar. Attadib: Journal of Elementary Education, 5(2), 114. https://doi.org/10.32507/attadib.v5i2.955

Syahputra, E., & Alvindi, A. (2022). Berlakunya Perubahan Ejaan yang disempurnakan (EYD) menjadi Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 3(1), 160–166. https://doi.org/10.33487/mgr.v3i1.3923

Tamala, E., & Charlina, H. (2022). Analisis kesalahan berbahasadalam bidang fonologi dan bidang morfologi pada teks eksposisi siswa kelas x SMK FARMASI IKASARI PEKANBARU.

Widyadewi, N. G. A. D., & Indrayani, L. M. (2022). Proses Fonologis pada Tuturan Bahasa Indonesia oleh Idol Penutur Korea dalam Variety Show “Halo82: NCT DREAM.” Totobuang, 10(2), 259–273.

Zira Fatmaira. (2022). Analisis Bahasa Anak pada Usia 2 Tahun dari Aspek Fonologi, Morfologi, Sintaksis, dan Semantik. Sintaks: Jurnal Bahasa & Sastra Indonesia, 2(1), 48–51. https://doi.org/10.57251/sin.v2i1.211

Sari, M., & Effendi, D. (2022). Analisis Kajian Fonologi Pada Perkembangan Bahasa Anak Usia 1-3 Tahun. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 78–88. https://doi.org/10.31851/pernik.v5i2.8043

Martini, A. (2019). Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Karangan Narasi Siswa Kelas V SDN Cilengkrang Kabupaten Sumedang. Jurnal Artikula, 2(2), 51–59. https://doi.org/10.30653/006.201922.28




DOI: https://doi.org/10.36294/jkb.v12i1.3858

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Analytics

View My Stats

Indexed by:

      

 

Supervisied-by:

This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License