Analisis kesalahan berbahasa tataran morfologi pada karangan narasi peserta didik kelas IV SDN 1 Ketilengsingolelo

Masayu Adiana Larasati, Dika Aida Husna, Sefi Nengtias, Rani Setiawaty

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan berbahasa tataran morfologi pada karangan narasi peserta didik kelas IV SDN 1 Ketilengsingolelo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data yang digunakan berasal dari karangan narasi peserta didik kelas IV, sedangkan data dikumpulkan dengan menggunakan observasi dan analisis dokumen. Analisis data dilakukan dengan menerapkan metode analisis kesalahan berbahasa tataran morfologi. Data dianalisis secara kualitatif untuk mengidentifikasi jenis kesalahan morfologi yang sering muncul pada karangan narasi peserta didik. Hasil analisis ini diharapkan dapat memberikan gambaran tentang kesalahan morfologi yang perlu diperbaiki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik kelas IV SDN 1 Ketilengsingolelo cenderung melakukan kesalahan berbahasa tataran morfologi, seperti penggunaan kata benda, kata kerja, dan imbuhan yang tidak sesuai kaidah. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya perhatian khusus dalam pembelajaran morfologi untuk meningkatkan kemampuan berbahasa peserta didik.

References


Hartinah, H., & Abdullah, S. I. (2019). Pengaruh Minat Baca dan Persepsi Atas Perpustakaan Sekolah terhadap Keterampilan Menulis Narasi. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(02), 127. https://doi.org/10.30998/diskursus.v1i02.5289

Kurniawan, E. K. A., Implikasi, D. A. N., & Pembelajaran, D. (2021). NOSI Volume 9,Nomor 1 Maret 2021 Halaman 47. 9, 47–58.

Lazulfa, I. (2019). Keterampilan Berbahasa : Menulis Karangan Eksposisi. Keterampilan Berbahasa Menulis Teks Eksposisi, 1–6.

Permatasari, A., Septiana, I., & Mukhlis, M. (2021). Analisis Kesalahan Penulisan Preposisi di- dengan Prefiks di- yang Tidak Sesuai Fungsinya pada Karangan Teks Cerita Ulang (Biografi) Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 3 Pemalang Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Kualita Pendidikan, 2(2), 85–89. https://doi.org/10.51651/jkp.v2i2.38

Studi, P., Bahasa, P., Pendidikan, F. I., & Hasyim, U. (2020). Afiksasi ( Prefiks Dan Sufiks ) Dalam Kolom Ekonomi Bisnis Di Koran Jawa Pos Edisi Kamis 14 November 2019

Yeni M To’umbo. (2017). Afiks Pembentuk Verba Dalam Bahasa Pamona. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Rastuti, M. G. H. P. (2018). Preposisi dan Konjungsi. Klaten: PT Intan Pariwara.

Setyaningsih, I. (2019). Inti Sari Morfologi: Afiksasi, Reduplikasi, dan Komposisi. Bandung: Pakar Karya.

(Eny Novia Titriana1, 2023)Eny Novia Titriana1, T. A. (2023). Social Science Academic. Upaya Meningkatkan Minat Belajar Anak Melalui Bimbel Tunas Ceria Dukuh Krajan Desa Bedrug Pulung Ponorogo, 1(2023), 123–131. https://doi.org/10.37680/ssa.v1i1.3467




DOI: https://doi.org/10.36294/jkb.v12i1.3857

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Analytics

View My Stats

Indexed by:

      

 

Supervisied-by:

This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License