Analisis pesan moral dalam sinetron Preman Pensiun karya Aris Nugraha

Novi Indriyani, Alfitriana Purba

Abstract


Sinetron ini dengan cepat diterima oleh masyarakat karena umumnya menggambarkan kehidupan sehari-hari di masyarakat. Pesan yang diungkapkan dalam sinetron ini adalah realitas moral atau pesan etika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pesan-pesan moral yang terkandung dalam tujuh tayangan Sinetron Preman Pensiun pada periode tanggal 02-19 Desember 2022. Sinetron ini mengisahkan tentang kehidupan para preman yang telah pensiun di sebuah terminal. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis data deskriptif menggunakan metode semiotika Charles Sanders Peirce. Peneliti melakukan pengamatan dan pemilihan dialog serta gambar yang secara menyeluruh terkait dengan simbol-simbol moral. Dialog-dialog tersebut ditranskrip secara langsung dan disajikan dalam bentuk tabel dengan tiga komponen utama, yaitu tanda, objek, dan makna. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini menunjukkan  pesan moral di antaranya sebagai berikut: pesan moral pribadi: sopan santun, ramah tamah, sikap peduli, tolong menolong, suka berbagi, dan mengucapkan terimakasih; pesan moral keluarga: berprasangka baik terhadap orangtua dan memiliki sikap membantu terhadap sesama, moral bermasyarakat: membantu dan tolong-menolong, memiliki etika, menjaga kelestarian lingkungan dan saling menghargai; dan pesan moral beragama: bersilaturrahmi, rukun damai, tidak pendendam, selalu ingat Allah, bersyukur kepada Allah SWT, husnuzan, dan saling memaafkan.


References


Agustina, I. H., Djunaedi, A., Sudaryono, S., & Suryo, D. (2013). Gerak Ruang Kawasan Keraton Kasepuhan. Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota, 13(1).

Dennis, F. G. (2010). Bekerja Sebagai Produser. PT Penerbit Erlangga Mahameru.

Labib, M. (2016). Potret sinetron Indonesia: antara realitas virtual dan realitas sosial. Indonesia: Mandar Utama Tiga Books Division.

Mainake, J. A., Rambitan, S., & Siamando, T. (2019). Pesan Moral Dalam Film Tschick Karya Wolfgang Herrndorf. Jurnal Elektronik Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi, 1(3).

Maulida, M. (2020). Teknik Pengumpulan Data Dalam Metodologi Penelitian. Darussalam, 21(2).

Purwanto. (2018). Teknik penyusunan instrumen uji validitas dan reliabilitas penlitian ekonomi syariah (1nd ed.). Magelang: Staial Press.

Santrock, J. W. (2011). Life-span development. Belmont, CA: McGraw-Hill Higher Education.

Sjaifulloh, A. (2022). Manajemen Full Day School Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Karakter.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.

Wicaksono, D. (2020). Pesan Moral dalam Sinetron Azab di Indosiar (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce).

Zulfa, I. (2015). Pesan Moral dalam Skenario Film Sedekah A Kiong (Doctoral dissertation, Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta).




DOI: https://doi.org/10.36294/jkb.v12i1.3541

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Analytics

View My Stats

Indexed by:

      

 

Supervisied-by:

This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License