Analisis implementasi Merdeka Belajar pada pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Penggerak SMA Negeri 1 Lima Puluh
Abstract
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abubakar, R. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. In Antasari Press.
Ahmad Shodik. (2021). Merdeka Belajar: Menurut Perspektif John Dewey. Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan, 4(1), 6.
Aiman, F. dan I. K. (2020). Konsep Merdeka Belajar Pendidikan Indonesia Dalam Perspektif Filsafat Progresivisme. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(2 juli), 155–164. https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/konstruktivisme/index
Bucor, P. K. K., & Pakuniran, K. (2021). Merdeka Belajar Perspektif Kihadjar Dewantara Dan John Dewey. 03(4), 599–608.
Iryanto, N. D. (2021). Jurnal Basicedu. Jurnal Basicedu, 5(5), 3829–3840.
Istiq’faroh, N. (2020). Relevansi Filosofi Ki Hajar Dewantara Sebagai Dasar Kebijakan Pendidikan Nasional Merdeka Belajar Di Indonesia. Lintang Songo : Jurnal Pendidikan, 3(2), 1–10. https://www.journal.unusida.ac.id/index.php/jls/article/view/266
Kristanto, Y. D. (2020). Covid-19, Merdeka Belajar, dan Pembelajaran Jarak Jauh. Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional, 8(2), 1–12.
Mardiana, D., & Umiarso, U. (2020). Merdeka Belajar di Tengah Pandemi COVID-19 : Studi di Sekolah Menengah Pertama di Indonesia Pandemi COVID-19 telah menjadi diskursus hangat sekaligus trending topic pada berbagai riset di bidang pendidikan dewasa ini ( Sintema , 2020 ). Dampak virus yang. Al-Ta’dib: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 13(2), 78–91. https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/al-tadib/article/view/1896
Mauizdati, N. (2020). Kebijakan Merdeka Belajar Dalam Perspektif Sekolahnya Manusia Dari Munif Chatib. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 315–321. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1324
Mustagfiroh, S. (2020). Konsep “ Merdeka Belajar ” Perspektif Aliran Progresivisme di Perguruan Tinggi. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 141–147.
Muyassar, A., & Putri, R. (2019). Pendidikan Indonesia Menuju Dunia. In Jurnal Pendidikan Matematika (Vol. 13).
Nastiti, F., & Abdu, A. (2020). Kajian: Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi Era Society 5.0. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 61–66. https://doi.org/10.17977/um039v5i12020p061
Nurhasanah, A., Maryuni, Y., & Ramadhan, wahyu arif. (2020). Pemanfaatan Vlog Sejarah Sebagai Media Pembelajaran Alternatif di Era Covid 19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 53(9), 1689–1699.
Pambudi, A. F. (2014). Analisis Spektrum Gaya Mengajar Divergen Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Pendidikan Jasmani Indonesia, 10(November), 2.
Probosiwi, P., & Retnasari, L. (2020). Penyusunan RPP format terbaru mewujudkan merdeka belajar bagi guru sekolah dasar di PCM Prambanan. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2964(November), 409–420. http://seminar.uad.ac.id/index.php/senimas/article/view/5187
Ramadania, F., & Aswadi, D. (2020). Blended Learning dalam Merdeka Belajar Teks Eksposisi. STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 10–21. https://doi.org/10.33654/sti.v5i1.1014
Ramadhan, A. H., Fadillah, H., Khaliza, R., & Nasution, I. (2022). Penerapan Kurikulum Darurat sebagai Strategi Pendidikan dalam Kondisi Pandemic Covid-19. EDUMASPUL Jurnal Pendidikan, 6(1), 401–407.
Sa’adah, A., Ningrum, F. Z., & Farikha, N. (2021). Scaffolding Dalam Pembelajaran Trigonometri Berbantuan Soal Hots Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Matematika. Seminar Nasional Pendidikan Matematika UNIKAL, 2(1), 167–174. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/556
Saleh, M. (2020). “Merdeka Belajar di Tengah Pandemi Covid-19.” Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, 1, 51–56. http://proceedings.ideaspublishing.co.id/index.php/hardiknas/article/view/8
Setiyawati, C., Lumapow, H. R., Sony, J., Lengkong, J., Rotty, N. J., Javier, I., & Tuerah, C. (2021). YUME : Journal of Management Merdeka Belajar dalam Keterampilan Berbahasa Secara Efektif. 4(1), 553–562. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.533
Sherly, Dharma, E., & Sihombing, H. B. (2020). Merdeka belajar: kajian literatur. UrbanGreen Conference Proceeding Library, 1, 183–190.
Sibagariang, D., Sihotang, H., Murniarti, E., & Indonesia, U. K. (2021). Peran Guru Penggerak Dalam Pendidikan. Dinamika Pendidikan, 14(2), 88–99.
Suntoro, R., & Widoro, H. (2020). Internalisasi Nilai Merdeka Belajar dalam Pembelajaran PAI di Masa Pandemi Covid-19. Mudarrisuna, 10(2), 143–165.
Wakia, N. (2021). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Perguruan Tinggi. Adara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 11(2), 175–184.
Widiyono, A., Irfana, S., Guru, P., Dasar, S., Islam, U., Ulama, N., & Belajar, M. (2021). Implementasi Merdeka Belajar melalui Kampus Mengajar Perintis di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik : Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 16(2), 102–107. https://doi.org/10.17509/md.v16i2.30125
Yuliani. (2019). Pendidikan Progresif John Dewey. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Zulaeha, I., & Hum, M. (2017). Strategi Pemertahanan Bahasa Daerah Pada Ranah Pendidikan. Jurnal Peradaban Melayu, 12, 40–46. https://doi.org/10.37134/peradaban.vol12.5.2017
DOI: https://doi.org/10.36294/jkb.v11i1.3499
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: