ALIH KODE DAN CAMPUR KODE PADA TUTURAN VIDIO DAKWAH USTADZ HANAN ATTAKI PADA MEDIA SOSIAL INTAGRAM @hanan_attaki

Fitria Daulay, Lisa Septia Dewi Br Ginting

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk, faktor dan implementasi kependidikan alih kode dann cmpur kode tuturan pada media sosial instagram ustadz hanan attaki. Penelitian ini menggunakan menggunakan metode kualitatif analisis data deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini didapatkan dari akunmedia sosial instgram @hanan_attaki dalam beberapa postingan yang diambil dengan acak. Pengumpulan data penelitian penelitian ini dengan menggunakan teknik simak catat serta mendokumentasikannya dalam bentuk tangkapan layar. Peneliti menggunakananalisis konten untuk mempermudah proses analisis data. Pada penelitian ini terdapat penggunaan bentuk alih kode Eksternal dengan menggunakan Bahasa Indonesia – Bahasa Arab. Adapun faktor utama yang menyebabkan alih kode pada data diantaranya penggunaan dalil dan penutur memperjelas tuturan sebelumnya. Adapun penggunaan campur kode pada data terdapat beberapa bentuk, diantranya : kata dasar, kata berimbuhan. Kata majemuk.Bahasa yang sering menggunakan campur kode pada data iyalah Bahasa Indonesia – Bahasa Inggris, Bahasa Inggris – Bahasa Arab

References


Amri, Y. K. (2019). Alih kode dan campur kode pada media sosial. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia II, 2, 149–154.

Devianty, R. (2017). Bahasa sebagai cermin kebudayaan. Jurnal Tarbiyah, 24(2).

Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia. Kampret Journal, 1(2), 1–10.

Muliani, E., Said, I. M., & Abbas, A. (2021). Alih Kode Dan Campur Kode Bahasa Wolio Ke Dalam Bahasa Indonesia Di Satuan Kerja Perangkat Daerah Kota Baubau. Jurnal Ilmu Budaya, 9(1), 219–231.

Samsu. (2017). Metode penelitian: teori dan aplikasi penelitian kualitatif, kuantitatif, mixed methods, serta research & development. In Diterbitkan oleh: Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA).

Sudin, A., Sukanadi, N. L., Putra, I. K. W., & Indrawati, I. G. A. T. (2021). Analisis Alih Kode dan Campur Kode Dalam Dialog Mahasiswa dan Mahasiswi Manggarai Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar. MEDIA BINA ILMIAH, 16(5), 6807–6814.

Susanto, H., & Sunarsih, E. (2020). Analisis bentuk, jenis, faktor terjadinya alih kode antara penjual dan pembeli di pasar kuala singkawang. Jurnal Pendidikan Bahasa, 9(2), 179–188.




DOI: https://doi.org/10.36294/jkb.v10i2.2571

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Analytics

View My Stats

Indexed by:

      

 

Supervisied-by:

This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License