PENGARUH METODE KARYA WISATA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI BERTEMA KEINDAHAN ALAM
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena siswa belum terampil dalam menulis puisi. Hal ini terlihat dari masih rendahnya keterampilan menulis puisi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMK Swasta Nurul Amaliyah Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2020/2021. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMK Swasta Nurul Amaliyah Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2020/2021. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pengunaan metode pembelajaran karya wisata terhadap keterampilan menulis siswa puisi siswa, hal ini terlihat bahwa hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf signifikan 95% dan dk = n1+n2-2 karena thitung > ttabel (2,24 > 1,72).
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, S. 2010. Eksplanasi Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, S. B. 2002. Starategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Melyasa. 2005. Menjadi guru profesiona. Bandung:PT. Remaja Rosda Karya.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, H. G. 2008. Menulis Sebagai Suatu Kemampuan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Waldoyo, M. S. 2010. Teknik Menulis Puisi “Panduan Menulis Puisi Untuk Siswa, Mahasiswa, Guru, dan Dosen”. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Wardoyo. 2013. Pengertian Puisi. http://repository.ump.ac.id.
DOI: https://doi.org/10.36294/jkb.v9i2.2181
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: