PENGARUH METODE KARYA WISATA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI BERTEMA KEINDAHAN ALAM

Rehu Lina, Putri Juwita

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi karena siswa belum terampil dalam menulis puisi. Hal ini terlihat dari masih rendahnya keterampilan menulis puisi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk  mengetahui bagaimana kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMK Swasta Nurul Amaliyah Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2020/2021. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMK Swasta Nurul Amaliyah Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2020/2021. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pengunaan metode pembelajaran karya wisata terhadap keterampilan menulis siswa puisi siswa, hal ini terlihat bahwa hipotesis alternatif (H1) diterima pada  taraf signifikan 95% dan dk = n1+n2-2 karena thitung > ttabel (2,24 > 1,72).


References


Arikunto, S. 2010. Eksplanasi Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. 2002. Starategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Melyasa. 2005. Menjadi guru profesiona. Bandung:PT. Remaja Rosda Karya.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, H. G. 2008. Menulis Sebagai Suatu Kemampuan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Waldoyo, M. S. 2010. Teknik Menulis Puisi “Panduan Menulis Puisi Untuk Siswa, Mahasiswa, Guru, dan Dosen”. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wardoyo. 2013. Pengertian Puisi. http://repository.ump.ac.id.




DOI: https://doi.org/10.36294/jkb.v9i2.2181

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Analytics

View My Stats

Indexed by:

      

 

Supervisied-by:

This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License