ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL “TERBANG” KARYA SILVARANI
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Terbang karya Silvarani menurut pendekatan sosiologi sastra. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang merupakan penelitian dengan menyajikan temuannya dalam bentuk deskripsi kalimat yang rinci, lengkap dan mendalam mengenai proses mengapa dan bagaimana sesuatu terjadi. Data penelitian ini yaitu data primer yang berwujud kutipan isi novel yang mengandung nilai pendidikan karakter, serta data sekunder yang berupa kajian/teori yang menjelaskan penggambaran karakter tokoh. Sumber data berupa novel Terbang karya Silvarani. Berdasarkan hasil pengolahan data yang dilakukan, ditemukan 33 nilai pendidikan karakter dalam novel Terbang karya Silvarani yang terdiri atas delapan belas nilai pendidikan karakter, antara lain adalah religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Nilai pendidikan karakter yang ditemukan tersebut tersirat maupun tersurat dalam penggambaran karakter tokoh Onggy Hianata Chunnardi, A Lie Ongko Wijaya, Ong Tjui Moi, Solihin, dan Kepala Sekolah SD Negeri Utama 1 Tarakan, baik melalui teknik ekspositori/langsung maupun teknik dramatik. Dari delapan belas nilai pendidikan karakter yang dikemukakan oleh Kemendiknas, Puskur-Balitbang, telah berhasil ditemukan delapan belas nilai pendidikan karakter dalam novel Terbang karya Silavarani. Terdapat empat nilai pendidikan karakter dominan yaitu nilai pendidikan karakter kerja keras yang terdiri dari tiga kutipan, nilai pendidikan karakter mandiri yang terdiri dari empat kutipan, nilai pendidikan karakter bersahabat/komunikatif yang terdiri dari tiga kutipan dan nilai pendidikan karakter peduli sosial yang terdiri dari tiga kutipan.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi.(2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Fakhlevie F. (2015). “Skripsi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter alam Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabichara” Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Jambi.
Nurgiyantoro, B. (2007). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press
Sari K. (2016). “Skripsi Analisis Karakter Tokoh dalam Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata: Pendekatan Sosiologi Sastra”, Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Asahan, Kisaran.
Silvarani. (2018). Terbang. Jakarta: Noura Books.
Tim Penyusun. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa – Bahan Pelatihan: Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Berkarakter Bangsa. Kemendikmas, Puskur-Balitbang.
DOI: https://doi.org/10.36294/jkb.v8i1.1639
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: