PEMANFAATAN APLIKASI KBBI V PADA MATERI MENENTUKAN UNSUR KEBAHASAAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan aplikasi KBBI V pada materi menentukan unsur kebahasaan artikel opini. Pembahasan materi menentukan unsur kebahasaan artikel opini dan buku ilmiah di golongkan dalam tiga kategori yaitu menentukan unsur adverbia, konjungsi dan kosakata. Dalam hal ini siswa kesulitan untuk menentukan kata yang termasuk dalam kategori adverbia, konjungsi, maupun mencari definisi dari setiap kata (kosakata) dalam teks. Ketiga hal itu dapat ditemukan dengan mudah dengan menggunakan aplikasi KBBI V. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, yang akan menjabarkan secara rinci permasalahan yang diteliti. Data dikumpulkan dengan cara menganalisis, mengklasifikasi, dan mengevaluasi adverbia, konjungsi, dan kosakata yang terdapat dalam aplikasi KBBI V. Adapun temuan dalam penelitian ini adalah siswa antusias mengerjakan tugas dengan waktu yang relatif cepat. Penggunaan aplikasi KBBI V memberikan sikap postif kepada siswa bahwa ponsel pintar yang dimiliki bermanfaat saat kegiatan belajar mengajar. Siswa tidak perlu sembunyi-sembunyi menggunakan ponsel pintarnya untuk mencari kata-kata yang tidak diketahui.
Apriliani, R., Suwandi, S., & Setiawan, B. (2015). Hubungan Antara Pemahaman Unsur Kebahasaan Dan Sikap Terhadap Bahasa Indonesia Dengan Kompetensi. Kajian Linguistik Dan Sastra, 1(1), 73–80.
databoks.katadata.co.id. (2018). Usia Produktif Mendominasi Pengguna Internet. Retrieved November 27, 2018, from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/02/23/usia-produktif-mendominasi-pengguna-internet#
Hartuti, S., Thahar, H. E., & Zulfikarni. (2017). Penggunaan Bahasa dalam Teks Deskripsi Karya Siswa Kelas VII.6 SMP Negeri 25 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 345–352.
Indah Rahmayani. (2015). Indonesia Raksasa Teknologi Digital Asia. Retrieved November 17, 2018, from https://kominfo.go.id/content/detail/6095/indonesia-raksasa-teknologi-digital-asia/0/sorotan_media
Millward, S. (2014). Indonesia Diproyeksi Lampaui 100 Juta Pengguna Smartphone di 2018, Keempat di Dunia. Retrieved November 17, 2018, from https://id.techinasia.com/jumlah-pengguna-smartphone-di-indonesia-2018
Ningrum, D. W. (2015). 20% Pengguna Smartphone di Indonesia Rakus Konsumsi Data. Www.Liputan6.Com. Retrieved from https://www.liputan6.com/tekno/read/2381876/20-pengguna-smartphone-di-indonesia-rakus-konsumsi-data
Nisa, K., Irma, C. N., & Maulidiah, R. H. (2019). Instagram and KBBI V Application for Instructional Sources. In The 2nd Annual International Conference on Language and Literature (AICLL 2019) (pp. 388–398). Medan: KnE Social Sciences.
Putra, Y. M. P. (2018). Badan Bahasa: 25 Juta Orang Akses KBBI Daring. Retrieved November 27, 2018, from https://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/18/09/20/pfd28r284-badan-bahasa-25-juta-orang-akses-kbbi-daring
Setiawati, S. (2016). Penggunaan Kamus Besar Bahasa Indonesia(KBBI) dalam Pembelajaran Kosakata Baku danTidak Baku Pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Gramatika, 2(2), 8 (44-51). https://doi.org/10.22202/JG.2016.v2i1.1408
Siregar, Yanti, N., Ini, & Rosma. (2018). KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI STRUKTUR DAN UNSUR KEBAHASAAN OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 12 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Jurnal Basastra, 7(2).
Suryaman, M., Suherli, & Istiqomah. (2018). Bahasa Indonesia. (D. Purnanto & M. Rapi, Eds.) (Kedua). Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Full Text:
PDFReferences
Apriliani, R., Suwandi, S., & Setiawan, B. (2015). Hubungan Antara Pemahaman Unsur Kebahasaan Dan Sikap Terhadap Bahasa Indonesia Dengan Kompetensi. Kajian Linguistik Dan Sastra, 1(1), 73–80.
databoks.katadata.co.id. (2018). Usia Produktif Mendominasi Pengguna Internet. Retrieved November 27, 2018, from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/02/23/usia-produktif-mendominasi-pengguna-internet#
Hartuti, S., Thahar, H. E., & Zulfikarni. (2017). Penggunaan Bahasa dalam Teks Deskripsi Karya Siswa Kelas VII.6 SMP Negeri 25 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 345–352.
Indah Rahmayani. (2015). Indonesia Raksasa Teknologi Digital Asia. Retrieved November 17, 2018, from https://kominfo.go.id/content/detail/6095/indonesia-raksasa-teknologi-digital-asia/0/sorotan_media
Millward, S. (2014). Indonesia Diproyeksi Lampaui 100 Juta Pengguna Smartphone di 2018, Keempat di Dunia. Retrieved November 17, 2018, from https://id.techinasia.com/jumlah-pengguna-smartphone-di-indonesia-2018
Ningrum, D. W. (2015). 20% Pengguna Smartphone di Indonesia Rakus Konsumsi Data. Www.Liputan6.Com. Retrieved from https://www.liputan6.com/tekno/read/2381876/20-pengguna-smartphone-di-indonesia-rakus-konsumsi-data
Nisa, K., Irma, C. N., & Maulidiah, R. H. (2019). Instagram and KBBI V Application for Instructional Sources. In The 2nd Annual International Conference on Language and Literature (AICLL 2019) (pp. 388–398). Medan: KnE Social Sciences.
Putra, Y. M. P. (2018). Badan Bahasa: 25 Juta Orang Akses KBBI Daring. Retrieved November 27, 2018, from https://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/18/09/20/pfd28r284-badan-bahasa-25-juta-orang-akses-kbbi-daring
Setiawati, S. (2016). Penggunaan Kamus Besar Bahasa Indonesia(KBBI) dalam Pembelajaran Kosakata Baku danTidak Baku Pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Gramatika, 2(2), 8 (44-51). https://doi.org/10.22202/JG.2016.v2i1.1408
Siregar, Yanti, N., Ini, & Rosma. (2018). KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI STRUKTUR DAN UNSUR KEBAHASAAN OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 12 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Jurnal Basastra, 7(2).
Suryaman, M., Suherli, & Istiqomah. (2018). Bahasa Indonesia. (D. Purnanto & M. Rapi, Eds.) (Kedua). Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembukuan, Balitbang, Kemendikbud.
DOI: https://doi.org/10.36294/jkb.v8i1.1637
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: