Analisis Kesalahan Tatabahasa Pada Teks Procedure Mahasiswa Semester V Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Asahan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa jenis kesalahan dan mendeskripsikan kesalahan yang paling banyak dibuat oleh mahasiswa dalam menulis teks procedure. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Asahan. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester V prodi bahasa Inggris Universitas Asahan sebanyak 26 orang. Metodologi penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berupa hasil tulisan mahasiswa dalam bentuk teks procedure. Teknik pengumpulan data meliputi pengumpulan data, menganalisis data, menghitung data dengan menggunakan rumus statistik sederhana. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa mahasiswa banyak melakukan kesalahan dalam menggunakan bentuk tatabahasa (misinformastion) dengan frekuensi kesalahan sebanyak 116 kesalahan (22,01 %), yang kedua omission dengan total kesalahan 338 (64.14 %). Yang ketiga misordering dengan total kesalahan 73 (13.85 %). Kesalahan tersebut terjadi karena mahasiswa masih terpengaruh dengan bahasa ibu sehingga mereka masih menyamakan pola dan aturan bahasa tersebut dengan bahasa Inggris. Selain itu banyak mahasiswa yang masih memiliki kemampuan yang kurang dalam tatabahasa yang dapat dikarenakan pembelajaran yang belum optimal.
Kata kunci: analisis kesalahan, kesalahan tatabahasa, teks procedure
Full Text:
PDFReferences
Baehaqi, I. 2009. A Handbook of English Grammar. Yogyakarta: Media Ilmu.
Djuharie, O.S. 2008. Genre Text. Bandung: Yrama Widya
Ellis,R. 1998. Second Language Acquisition.New York: Oxford University Press
Gitamedia, T. 2006. Serious English for Serious Students. Surabaya: Gitamedia Press
Nurjamal dkk, 2013. Terampil Mengarang. Bandung: Alfabeta.
Setyawati. 2010. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia. Surakarta: Yuma Pustaka
Tarigan, H. G. 2011. Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Refbacks
- There are currently no refbacks.