PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN TIPE KEPRIBADIAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP SWASTA AL WASHLIYAH AMPERA II MEDAN HELVETIA

Endah Retno Suci

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Perbedaan hasil belajar bahasa Inggris siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan hasil belajar bahasa Inggris siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung, (2) Perbedaan hasil belajar bahasa Inggris siswa yang memiliki kepribadian ekstrovert dengan hasil belajar bahasa Inggris yang memiliki kepribadian introvert, (3) Interaksi antara model pembelajaran dan tipe kepribadian terhadap hasil belajar. Populasi penelitian adalah seluruh kelas VIII SMP Al Washliyah Ampera II Medan Helvetia, berjumlah 86 siswa yang berasal dari 3 kelas. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Jumlah sampel penelitian untuk model kooperatif tipe make a match terdiri dari 28 siswa dan 28 siswa untuk model pembelajaran langsung. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan quasi eksperimen desain factorial 2 X 2. Tipe kepribadian siswa diukur dengan tes angket dan hasil belajar bahasa Inggris diukur dengan tes lisan (interview) dengan kriteria penilaian dari pendapat ahli. Temuan penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar bahasa Inggris siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match lebih tinggi dari pada hasil belajar bahas Inggris yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata hasli belajar bahasa Inggris siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match = 79,79 dan rata-rata hasil belajar bahasa Inggris yang diajar dengan model pembelajaran langsung = 75,71 dengan Fhitung =   4,99 >  Ftabel  = 4,02 pada taraf signifikan α = 0,05. Siswa yang memiliki kepribadian ekstrovert memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dari pada siswa yang memiliki kepribadian introvert. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil belajar bahasa Inggris yang memiliki kepribadian ekstrovert = 80,45 dan  nilai rata-rata hasil belajar bahasa Inggris yang memiliki kepribadian introvert =74,40 dengan F hitung  =  10,66 > Ftabel  =  4,02 pada taraf signifikan α = 0,05, dengan dk (2) terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan tipe kepribadian terhadap hasil belajar bahasa Inggris siswa. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 4,24 > Ftabel = 4,02 pada taraf signifikan α = 0,05. Uji lanjut menggunakan Uji Scheffe menunjukkan perbedaan hasil belajar bahasa Inggris siswa yang signifikan antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan yang diajar dengan pemberian model pembelajaran langsung. Demikian halnya hasil belajar bahasa Inggris siswa yang memiliki kepribadian ekstrovert dengan siswa yang memiliki kepribadian introvert.

Kata kunci : Model Pembelajaran, Tipe Kepribadian, Hasil Belajar Bahasa Inggris


Full Text:

PDF

References


Alwisol. (2004). Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press.

Aminuddin, R. (2003). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: UHAMKA Press.

Arends, R.I. (2001). Learning to Teach. New York: Mc Graw Hill Companies.

Curran, L. (1994). Language Arts and Cooperative Learning : Lessons For the Little Ones. San Juan Capistrano: Kagan Cooperative Learning.

Dasripin, P. (2008). Penggunaan Model Kooperatif Skrip dalam Pembelajaran Menulis Narasi di Kelas VII SMP Negeri 1 Cigalontang Kab. Tasikmalaya. Tesis Magister pada SPs UPI; Tidak diterbitkan.

Departemen Pendidikan Nasional. (2006). PP No. 22

Dick and Carey. (2005). The Systematic Design of Instruction. New York: Wesley Educational.

Gagne, N.L & Berliner D.C. (1984). Educational Psychology. Third Edition. Boston: Houghton and Mifflin Company.

Hariwijaya, M. (2005). Tes Kepribadian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ibrahim, H. M. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.

Joyce, B dan Weik, M. (1980). Models of Teaching. New Jersey: Prentice Hall

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2008). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kardi, S dan Nur, M. (2000). Pengajaran Langsung. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya University Press.

Kartono, K. (2005). Teori Kepribadian. Jakarta: Mandar Maju

Mulyana, Y. (2000). Keefektifan Model Mengajar Respons Pembaca dalam Pengajaran Pengkajian Puisi. Disertasi Doktor pada SPs UPI: Tidak diterbitkan.

Parkison, M. (2004). Personality Questionnaires. Terjemahan Solo: Tiga Serangkai.

Puger, I. G. (2004). Belajar Kooperatif. Diktat Perkuliahan Mahasiswa Unipas.

Suryabrata, S. (2010). Psikologi Kepribadian. Jakarta: Rajawali Pers.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.