PENINGKATAN KINERJA GURU MENYUSUN RPP KURIKULUM 2013 MELALUI MODEL SUPERVISI GROW ME DI SMP SWASTA AL ASRI AIR BATU TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Siti Zuhroh

Abstract


Setelah menjalankan kegiatan kepengawasan pada awal semester genap Tahun Pelajaran 2017/2018 dari hasil pemantauan ditemukan adanya permasalahan  yang terjadi di beberapa sekolah binaan terutama di SMP Swasta Al Asri Air Batu Ambalutu.  Hasil pemantauan memperlihatkan guru-guru guru belum memahami Kurikulum 2013 terutama dalam menyusun RPP sesuai dengan pendekatan Saintifik.  Untuk mengatasi masalah ini maka diadakan penelitian tindakan sekolah yang bertujuan meningkatkan kinerja guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran  di SMP Swasta Al Asri Air Batu .  Model supervisi yang digunakan adalah model supervisi GROW ME. GROW ME adalah salah satu model supervisi akademik yang mengutamakan pengembangan manusia dengan melalui tahapan-tahapan : Goal, Reality, Option, What’s next, Monitoring, dan Evaluasi.    Teknik penilaian yang digunakan adalah penilaian unjuk kerja dan instrumen yang digunakan adalah instrumen unjuk kerja penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian ditemukan  dari data perolehan nilai kompetensi menyusun RPP Kurikulum 2013 pada prasiklus sebesar 55,45 dengan kategori kurang.  Pada siklus  I rata-rata nilai  menyusun RPP Kurikulum 2013 sebesar 68,80 dan pada siklus II perolehan kompetensi mengajar guru rata-rata nilai sebesar 84,66 terjadi peningkatan sebesar 15,86 . Indikator keberhasilan penelitian ini sudah tercapai pada siklus II. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model supervisi GROW ME dapat meningkatkan Kinerja guru  dalam menyusun RPP Kurikulum 2013 di SMP Swasta Al Asri Air Batu  Tahun Pelajaran 2017/2018.

 Kata kunci : kinerja guru, RPP, dan supervisi GROW ME


Full Text:

PDF

References


APSI, 2009. Model Program Pelaksanaan Unjuk Kerja Pengawas Satuan Pendidikan Pascasertifikasi Guru dalam Jabatan Kabupaten/ Kota Provsu : APSI Provsu

AR.Syamsuddin dan Vismaia S. Damaianti. 2006. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung : Romaja Rosda Karya.

Aqib, Zainal dan Elham Rohmanto. 2008. Membangun Profesionalisme Guru dan Pengawas Sekolah. Bandung : Yrama Widya

Depdiknas. 2003. Pedoman Teknis Pelaksanaan Classroom Action Research.

Jakarta:Dirjen Dikdasmen

dilihatya.com diakses September 2014

Ditjen PMPTK. 2010. Supervisi Akademik . Jakarta: Ditjen PMPTK

https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2011/03/04/konsep-supervisi- akademik/

http://mkkssmpnbjn.blogspot.com/2014/05/grow-me-salah-satu-teknik- supervisi.html

http://www.pengertianku.net/2014/11/definisi-atau-pengertian-supervisi-dan- menurut-para-ahli.html

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2001. Jakarta : Balai Pustaka.

Peraturan Mentri Pendidikan Nasional No 41. 2007. Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah .Jakarta : Depdiknas.

Pustendik. 2011. Buku Kerja Pengawas Sekolah . Jakarta : Pustendik Badan Pengembangan Sumber Daya Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kemdiknas.

Pustendik. 2012. Supervisi Akademik. Jakarta : Pustendik Badan Pengembangan Sumber Daya Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kemdikbud.

Surakhmad , Winarno . 1999 . Pengantar Penelitian Dasar Metode Teknik. Bandung : Tarsito.

Suprastowo, Philip dan Iskandar Agung . 2006 . Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah . Jakarta : Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan Balitbang Depdiknas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.