MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU IPA SMP NEGERI 2 AIR JOMAN KECAMATAN AIR JOMAN DALAM PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI KABUPATEN ASAHAN TAHUN 2014/2015

Kuden Tamba Tamba

Abstract


Tujuan penelitian tindakan ini adalah Untuk meningkatkan kemampuan guru mengelola pembelajaran dengan model Problem Based Learning pada guru SMP Negeri 2 Air Joman Kecamatan Air Joman di Kabupaten Asahan. Subjek penelitian ini adalah guru IPA pada SMP yang menjadi binaan akademik peneliti (pengawas), dengan jumlah 15 guru yang dilaksanakan pada MGMP. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan. Untuk memperoleh data digunakan alat pengumpul data yaitu Lembar Observasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran dengan model Problem Based Learning  dapat meningkatkan kemampuan guru mengelola pembelajaran.

 

Kata Kunci: Penelitian, Model, Meningkatkan, Guru


Full Text:

PDF

References


Achmadi dan Supriyanto. (1990). Faktor-faktor yang mepengaruhi prestasi belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. (2001). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineksa Cipta.

Combs. Arthur. W. (1984). The profesional education of teachers. Allin and Bacon, Inc. Boston.

Djamarah, Syaiful Bahri. (1994). Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif. Fakultas Tarbiyah IAIN Antasasi. Banjarmasin.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2002). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineksa Cipta.

Djamarah. Syaiful Bahri. (2002). Psikologi belajar. Jakarta: Rineksa Cipta.

Hamalik, Oemar. (1992). Psikologi belajar dan mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Hamalik, Oemar. (1999). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasibuan. J.J. dan Moerdjiono. (1998). Proses belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nur, Moh. (2001). Pemotivasian siswa untuk belajar. Surabaya. University Press. Universitas Negeri Surabaya.

Poerwodarminto. (1991). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Bina Ilmu.

Rustiyah, N.K. 1(991). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Sardiman, A.M. (1996). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Slameto, (1988). Evaluasi pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.

Soetomo. (1993). Dasar-dasar interaksi belajar mengajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Usman, Uzer. (2001). Menjadi guru profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.