PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM PENYUSUNAN SOAL HOTS HIGHER ORDER THINKING SKILLS DI SD ETISLANDIA MEDAN

R.L. Holmes Parhusip, Irwansyah Irwansyah, Hartono S, Yason Mendrofa, Rismalia Aswar, Feby Nola

Abstract


Pengabdian kepada Masyarakat ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Swasta Etislandia Medan. Pelaksnanakan kegiatan ini bertujuan untuk berbagi pengetahuan atau transfer knowledge pada guru-guru Sekolah Dasar Swasta Etislandia Medan agar mampu mengembangkan kompentensi padagogik pengembangan penyusunan soal-soal dengan mengunakan HOTS (Higher Order Thinking Skills). HOTS merupakan kemampuan utuk menghubungakan, memanipulasi dan mengubah pengetahuan serta pengalaman yang sudah dimiliki secara kritis dan kreatif dalam menentukan keputusan untuk menyelesiakan masalah dalam situasi baru HOTS adalah sesuatu tehnik mampu merangsang siswa untuk mengintreprestasikan, menganalisa atau bahkan mampu memanifulasi informasi sehingga tidak monoton. Untuk itu diperlukan proses yang kontiniu dan konsisten dalam melatih dan membiasakan para siswa, dimulai dari awal kegiatan pembelajaran sampai pada proses pengulangan dan evaluasi. Seorang guru dalam hal ini harus mempuyai kompetensi yang baik untuk mengarahkan siswa menyelesaikan pemecahan masalah dengan baik. Permasalahan penerapan pembelajaran pebuatan soal-soal HOTS bukan hal yang mudah di laksanakan oleh guru. Selain guru harus benar benar menguasai materi dan strategi pembelajran, guru juga di hadapkan pada kondisi lingkungan, sarana prasarana siswa yang diajaranya. Ada kalanya guru sudah berbuat maksimal agar kegiatan pembelajaran menarik, dan soal materi pembelajaran sudah di kondisikan semaksimal akan tetapi respon siswa yang kurang baik dan relative pasif juga akan mempengaruhi keberhasilan pembelajaran. Oleh sebab itu perlu sosialisasi pada guru guru sekolah Sekolah Dasar Swasta Etislandia Medan jalan Gaperta Ujung Kelurahan Tanjung Gusta kecamatan Medan Herlvetia.

 

Kata kunci : Kompentesi Guru, High Order Tinking Skill

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid. (2017). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.

Fuaddilah Ali Sofyan, “Implementasi HOTS Pada Kurikulum 2013”, Jurnal Inventa, 1(Maret 2019.

Hamzah B. Uno. (2016) Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Indra Mulyaningsih, “Pengembangan Pembelajaran bad 21 Bermuatan HOTS (High) Order Thingking Sklls)”, (Proposal: IAIN Syekh Nurjati Cirebon, 2018) 4-5.

Saputra, Hatta. 2016. PengembanganMutu Pendidikan Menuju Era Global: Penguatan Mutu Pembelajaran dengan Penerapan HOT (High Order Thinking Skills). Bandung: SMILE’s Publishing.

Ridwan Abdullah Sani, Pembelajaran Berbasis HOTS (Tanggerang: Tira Smart, 2019)

Zainal Fanani, “Strategi Pengembangan Soal Higher Order Thingking Skills (HOTS) Dalam Kurikulum 2013”, Edudeena, 1 (Januari 2018).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.